Peristiwa

Lagi, Pemuda Sumenep Demo Alih Fungsi Lahan Jadi Tambak Udang

Sumenep (beritajatim.com) – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Timur Daya (API) kembali berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sumenep, Rabu (11/03/2020).

Aksi tersebut merupakan aksi lanjutan setelah pada Senin (09/03/2020) mereka menggelar demo serupa, namun tidak bertemu dengan anggota DPRD.

“Ini adalah aspirasi rakyat yang harus didengarkan oleh para wakil rakyat. Karena itu, kami minta anggota DPRD Sumenep untuk keluar menemui kami,” kata Korlap Aksi, Abd. Basith.

Para pemuda timur daya itu memprotes maraknya alih fungsi lahan pertanian menjadi tambak udang di Kecamatan Batang-Batang, Gapura, Dungkek, dan Batuputih dalam beberapa tahun terakhir.

“Tanah-tanah pertanian kami sekarang ini banyak yang sudah dikuasai investor. Tanah-tanah kami berubah menjadi tambak udang. Ironisnya, proses alih fungsi lahan justru merugikan masyarakat,” ujar Basith.

Ia meminta DPRD Sumenep mendesak eksekutif untuk menindak tegas perusahaan-perusahaan tambak udang yang hanya mementingkan keuntungan perusahaan tanpa peduli terhadap nasib rakyat dan lingkungan.

“Jangan korbankan rakyat kecil. Wakil rakyat harus tegas. Jangan hanya berpihak pada investor,” tandasnya.

Usai berorasi, para pemuda timur daya ditemui oleh sejumlah anggota DPRD Sumenep. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar