Peristiwa

Lagi, Jembatan di Ponorogo Putus Diterjang Banjir

Ponorogo (beritajatim.com) – Jembatan putus kembali terjadi di Ponorogo. Kali ini menimpa jembatan Desa Nambak, Kecamatan Bungkal. Jembatan tersebut putus total akibat pondasi tiang penyangga terkikis banjir. Jembatan penghubung tiga desa tersebut ambrol pada Sabtu (9/3/2019) kemarin

“Selain di Desa Broto Kecamatan Slahung, juga ada jembatan yang putus di desa Nambak Kecamatan Bungkal,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Selasa (12/3/2019).

Budi mengungkapkan, banjir yang menerjang pada Rabu (6/3/2019) mengikis bagian bawah kontruksi pondasi tiang penyangga jembatan. Selain itu, sebelumnya jembatan tersebut juga sudah retak. Sehingga kekuatan jembatan berkurang.

“Tiang penyangga utama tidak kuat menahan beban penampang jembatan. Yang menyebabkan jembatan ambrol ke bawah,” katanya.

Akibat ambrolnya jembatan yang dibangun pada 1993 itu, akses utama menuju ke Desa Bekare dan Koripan, Bungkal terhambat, begitupun sebaliknya. Warga harus memutar sejauh tiga kilometer. Sehingga menghambat akses perekonomian dan pendidikan warga setempat. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar