Peristiwa

Lagi Berjemur, Buaya Muara di Sungai Brantas Kediri Berhasil Ditangkap

Kediri (beritajatim.com) – Buaya muara yang beberapa kali menampakkan diri di Sungai Brantas Kediri akhirnya berhasil ditangkap, Sabtu (15/2/2020). Penangkapan dilakukan oleh Tim Reptil Rescue Kediri.

Lokasi penangkapan berada di sekitar kemunculan buaya di Kelurahan Ringinanom, Kota Kediri. Buaya yang ditangkap berusia sekitar dua tahun dengan panjang 0,5 meter.

Yawarenata, anggota Tim Reptil Rescue Kediri mengatakan, penangkapan buaya muara di Sungai Brantas ini melibatkan tiga orang teman satu tim. Setelah dilakukan penyanggongan selama satu jam, akhirnya buaya dapat ditangkap.

“Kita melihat ternyata buaya muara sedang berjemur di atas dedaunan. Buaya memiliki kebiasaan sering berjemur pagi hingga pukul 11.00 WIB. Setelah itu kami lakukan penangkapan,” jelasnya.

Tim mendekat berupaya tanpa menimbulkan getaran. Buaya ditangkap dari arah belakang menggunakan jerat. Diakui Yawarenta, ada dua ekor buaya yang dipergoki tengah berjemur. Tetapi hanya satu yang berhasil ditangkap. Sementara satu lainnya lolos dengan terjun ke sungai.

“Sebelum turun bantu evakuasi, kita izin dulu ke BKSDA. Kita tangkap pakai jerat. Saat dijerat buaya sempat melawan dan masuk ke air. Akhirnya kita juga langsung turun ke sungai, ditangkap di bagian lehernya,” bebernya.

Setelah ditangkap, buaya muara ini langsung diserahkan ke BKSDA. Satu ekor buaya berhasil kabur ke sungai berukuran lebih kecil dari yang ditangkap. Pihaknya memperkirakan buaya muara ini datang secera bergerombol sekitar tiga ekor. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar