Peristiwa

Kupas Singkong, Lantai Dua Rumah di Patemon Surabaya Terbakar

Surabaya (beritajatim.com) – Asik mengupas sayuran, Jianto (45) tak mengetahui jika rumahnya terbakar, Senin (23/11/2020). Rumah tiga lantai di Jalab Petemon Timur Gg Buntu A No.28, Kupang Krajan, Sawahan, Surabaya, terbakar habis untuk lantai dua.

Saat ditanya, Jianto mengaku awalnya hanya mencium bau gosong dan ia tak curiga. Hanya saja, saat warga berteriak minta tolong dan menunjukkan ada api ia pun lantas terkejut.

“Jadi tadi pemilik rumah justru gak tahu kalau ada api membara di lantai dua. Setelah kita kasih tahu baru dia kebingungan menyelamatkan barang,” jelas Doni (40) tetangga korban kepada beritajatim.com Senin (23/11/2020).

Usai mengambil tindakan penyelamatan, Doni pun menghubungi nomor darurat 112. Meski demikian warga sekitar yang mengetahui kejadian turut serta membantu memadamkan api. Meski menggunakan alat seadanya, warga bergotong-royong memadamkan api melalui atap rumah sekitar.

Menurut keterangan pemilik tak ada kompor di lantai dua. Sehingga kebakaran ibi diprediksi terjadi karena konsleting listrik. “Ya kita bantu sebisanya sampai petugas PMK datang memadamkan api,” lanjutnya.

Sementara itu petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi kebakaran. Rumah permanen tiga lantai ini berada di kampung padat ini. Bahkan 13 unit kendaraan pemadam yang terjhn ditambah dua unit mobil tangki hanya bisa memadamkan api dari kejauhan.

“Yang bisa sampai lokasi hanya unit kecil dan walang kadung. Sebab jalannya hanya 1,5 meter saja. Jadi unit besar tak bisa merapat ke lokasi kejadian,” papar Bambang Vistadi Kepala Bidang Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya.

Meski api sudah padam sekita sejam kemudian, akibat kejadian ini petugas mendacatat tak ada korban jiwa. Hanya saja kerugian naterial diprediksi cukup besar lantaran api menghabiskan seluruh isi rumah di lantai dua yang menjadi ruang keluarga.(man/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar