Peristiwa

Kunci Sukses Pemuda di Mata Hendy-Firjaun

Hendy Siswanto (berkopiah)

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun, calon wakil bupati Jember, Jawa Timur, menegaskan, semangat para pemuda yang penuh energi itu harus dimanfaatkan dengan terus belajar dan belajar.

Firjaun mengingatkan kepada kaum muda agar tak cukup puas dengan kemampuan diri saat ini. “Terus belajar sebelum akhirnya siap mengabdikan diri kepada masyarakat adalah yang paling utama. Perkaya pengalaman dan tidak meninggalkan ibadah. Itu kunci agar pemuda sukses ke depan,” katanya, merefleksikan Hari Sumpah Pamuda, Rabu (28/10/2020).

Hal serupa ditegaskan calon bupati Hendy Siswanto. Ia menyebut peringatan Hari Sumpah Pemuda memiliki makna sakral. “Sembilan puluh dua tahun mempertahankan makna dari sumpah para pemuda pada masa itu, bukanlah hal mudah,” katanya.

Hari Sumpah Pemuda, menurut Hendy, menjadi refleksi bagi para pemuda era sekarang untuk bisa berbuat lebih. “Caranya dengan memperkaya pengalaman dan wawasan untuk pembangunan daerah,” katanya.

Hendy dan Firjaun mengingatkan kepada warga Jember agar perayaan atas hari bersejarah itu terus dilakukan untuk mengingat dan mengenang serta berharap tak lekang oleh apapun. “Sejarah peringatan itu sifatnya adalah seremoni untuk mengingat. Baik sebagai narasi maupun tindakan. Setidaknya untuk dimaknai menjadi bahan perenungan, bahwa negeri ini dibangun dengan jerih payah dan upaya yang melibatkan jiwa dan raga para pendahulu kita,” kata Hendy.

“Sembilan puluh dua tahun silam, para pemuda dari seluruh pelosok nusantara, berkumpul dan mengikrarkan sumpahnya untuk setia kepada tanah air, bangsa, dan bahasa yang sama. Kini, sumpah itu masih bergema dan tidak luntur. Pun diterjang gelombang zaman. Kita masih sama, Indonesia dalam tanah air, bangsa dan bahasa yang sama,” tambah pria yang berprofesi pengusaha ini. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar