Peristiwa

Kucing di Mojokerto Diabadikan Pemilik Usir Ular Cobra

Mojokerto (beritajatim.com) – Seorang warga di Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto berhasil merekam saat kucing peliharaannya mengusir ular kobra yang hendak masuk rumahnya. Meski berhasil mengusir, namun ular anakan tersebut masuk lubang pondasi rumah.

Pemilik kucing, Widarti (43) mengatakan, kejadian tersebut berhasil diabadikan suaminya pada, Kamis (19/12/2019) sekira pukul 12.30 WI  pekan kemarin. “Saat itu, suami saya ada di teras rumah tiba-tiba melihat Si Putih (nama kucing peliharaan, red) berkelahi dengan ular jenis kobra,” ungkapnya, Senin (23/12/2019).

Masih kata Widarti, kucing berjenis kelamin betina tersebut tampak dengan sigap berusaha mengusir ular yang hendak masuk ke dalam rumah. Moment tersebut langsung diabadikan oleh sang suami hingga berhasil mengusir dan ular masuk ke dalam pondasi rumah yang berlubang.

“Berkat Si Putih, alhamdulilah rumah saya terjaga. Sudah ada tiga ular kobra yang berhasil di usir, dua diantaranya mati terbunuh dan itu terjadi secara berurutan. Mulai dari Selasa, Rabu dan pada Kamis itu, berhasil diabadikan suami saya. Ular masuk ke lubang pondasi rumah, diperkirakan sampai saat ini masih ada di dalam,” tuturnya.

Ia sendiri tidak mengira, jika kucing peliharaannya yang masih berumur 11 bulan tersebut mampu melindungi rumahnya dari teror ular kobra yang meresahkan warga Mojokerto akhir-akhir ini. Karena kucing Jawa atau kerap disebut sebagai kucing rumahan miliknya tersebut tidak dilatih secara khusus.

“Saya juga kurang tahu kalau kucing ini mampu mengusir ular, apalagi ularnya ular kobra. Wong selama ini, kucing ini juga saya pelihara seperti kucing rumahan pada umumnya. Tidak ada perawatan atau latihan khusus, tapi pola makan memang teratur. Kadang saya kasih makanan kucing, kadang ikan asin sampai roti,” ujarnya.

Masih kata Widarti, namun kadang ia juga memandikan kucing peliharaannya tersebut dengan menggunakan shampo. Tapi untuk teror ular kobra yang meresahkan warga Mojokerto akhir-akhir ini, ia mengaku punya cara khusus. Yakni dengan membersihkan sampah atau barang yang berserakan.

“Kalau malam hari, biasanya setiap lubang rumah, seperti di bawah pintu saya tutup dengan kain kemudian saya beri kapur barus. Itu katanya mampu menangkal ular. Ular kobra juga pernah masuk rumah tetangga saya, kemungkinan banyak muncul ular kobra dari area persawahan di sekitar rumah,” ujarnya.

Warga Desa Kepuhanyar lainnya, Kamsiah (66) menambahkan, serangan ular masuk rumah juga sempat menyerang rumah Marjono. “Dua hari lalu, sekitar habis Magrip. Ukurannya ya sama, besarnya se-jempol tangan orang dewasa dengan panjang kurang lebih 80 cm. Ularnya langsung di bunuh,” tegasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar