Peristiwa

KSR PMI Pamekasan Ikut Serta Bersihkan Sisa Banjir di Pesantren Al-Amin Prenduan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah personil Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, bersama tim gabungan di wilayah setempat, bahu membahu membantu membersihkan lingkungan Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan, Sumenep, yang terdampak genangan banjir, Minggu (27/11/2022) kemarin.

Aksi sosial yang dipelopori Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Pamekasan, diikuti sejumlah instansi samping di wilayah setempat. Di antaranya anggota BPBD, personil Pemadam Kebakaran, serta sejumlah relawan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, mereka bekerjasama memberikan bantuan bersama sejumlah instansi lain untuk membantu membersihkan lingkungan Pesantren yang terletak di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Sumenep.

“Kami bersama sejumlah relawan lain bahu membahu membersihkan lingkungan Pesantren Al-Amin Prenduan, yang terdampak banjir pada Sabtu (26/11/2022) kemarin. Kondisi itu mengakibatkan banyak sampah, pasir hingga lumpur yang menutup akses asrama, tempat makan dan beberapa akses pesantren lainnya,” kata Sekretaris PMI Pamekasan, Hairul Saleh, Senin (28/11/2022).

Dalam aksi sosial tersebut, personil dari Pamekasan mengerahkan 2 unit mobil tangki, serta berbagai peralatan pendukung lainnya untuk proses pembersihan. “Namanya terdampak banjir tentunya banyak lumpur sana-sini, sehingga tidak mungkin hanya dibersihkan dengan cangkul saja, tetapi juga harus disemprot dengan air,” ungkapnya.

Memang secara geografis, Pesantren Al-Amin Prenduan terletak di luar wilayah kerja. Hanya saja pihaknya merasa terpanggil untuk bersama meringankan beban sesama, selama lokasi kejadian bisa terjangkau.

“Untuk itu kami sangat berharap agar seluruh pihak bisa berperan aktif untuk ikut serta melakukan aksi sosial demi kemanusiaan, termasuk di antaranya dengan menghubungi pihak berwenang saat terjadi bencana,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar