Peristiwa

Bantu Warga Terdampak Kekeringan

KSR PMI Pamekasan Bagikan Air Bersih Gratis

Pamekasan (beritajatim.com) – Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, mendistribusikan air bersih gratis kepada warga terdampak kekeringan di sejumlah titik di wilayah setempat, khususnya di wilayah selatan Pamekasan, Sabtu (17/10/2020).

“Distribusi air bersih ini kita lakukan dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat terdampak kekeringan akibat kemarau, khususnya di wilayah selatan,” kata salah satu personil KSR PMI Pamekasan, Maulidi kepada beritajatim.com.

Lebih lanjut dijelaskan, pendistribusian air bersih untuk masyarakat terdampak kekeringan tahun ini diprioritaskan di wilayah selatan. Sekalipun juga terdapat titik kekeringan lain akibat kemarau di wilayah Pantura Pamekasan.

“Untuk tahun ini kita fokuskan di wilayah selatan (Pamekasan), seperti di wilayah Galis, Larangan, Pademawu dan Tlanakan. Sebab untuk pendistribusian ke wilayah pantura sementara belum memungkinkan,” jelas Maulidi.

Salah satu personil KSR PMI Pamekasan, menuangkan air bersih bantuan untuk warga di Pademawu, Sabtu (17/10/2020).

Selama ini PMI Pamekasan melalui personil KSR melakukan berbagai aksi sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, termasuk kebutuhan air bersih akibat kemarau seperti yang mereka lakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Bedanya saat ini mereka hanya memprioritaskan pengiriman air bersih gratis ke wilayah selatan, padahal pada tahun sebelumnya, mereka juga melakukan aksi serupa hingga wilayah pantura yang terdampak kekeringan.

Berdasar data Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, titik kekeringan di Pamekasan tersebar di 311 dusun dari 77 desa berbeda yang berada di 11 kecamatan. Sedangkan akhir kemarau diprediksi pada penghujung Oktober 2020. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar