Peristiwa

KSR PMI dan BPBP Pamekasan Bersihkan Sisa Banjir

Pamekasan (beritajatim.com) – Korp Sukarelawan (KSR) Palang merah Indonesia (PMI) Pamekasan, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan relawan lainnya, melaksanakan bhakti sosial dengan membersihkan sisa banjir di Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Pamekasan, Jum’at (15/1/2021).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk membantu masyarakat terdampak banjir yang terjadi pada Senin (11/1/2021) lalu. Khususnya di titik terparah terdampak genangan akibat banjir yang meluap hingga sebagian besar wilayah perkotaan di Pamekasan.

“Bhakti sosial ini dalam rangka untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir, khususnya di Kelurahan Gladak Anyar, Pamekasan,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Prayitno kepada beritajatim.com.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya melibatkan puluhan personil dari KSR di lingkungan PMI Pamekasan khususnya di wilayah perkotaan. “Selain personil PMI, kami juga mengajak adik-adik KSR untuk bersama melakukan aksi nyata dalam rangka kerja bhakti meringankan beban masyarakat korban banjir,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan ini kami berharap agar nantinya dapat memicu motivasi maayarakat, khususnya adik-adik KSR agar selalu membantu sesama. Khususnya mereka yang membutuhkan maupun masyarakat korban bencana, seperti korban banjir tempo hari,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh relawan juga mempraktikkan penerapan protokol kesehatan guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Coronavirus Disiase 2019. Salah satunya dengan menerapkan 3M sesuai pesan ibu, cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

Seperti diketahui, bencana banjir yang terjadi di Pamekasan mengepung sedikitnya 12 desa/kelurahan di wilayah setempat. Di antaranya desa di Kecamatan Pademawu, Palengaan, dan Proppo. Serta desa/kelurahan di Kecamatan Pamekasan.

Bahkan pada saat banjir tersebut, sejumlah fasilitas ataupun infrastruktur mengalami rusak cukup parah. Di antaranya dua buah jembatan penghubung antar desa di Kelurahan Kowel, Pamekasan, ambruk dan putus akibat derasnya banjir. Termasuk jembatan penghubung di wilayah Palengaan. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar