Peristiwa

Krisis, PMI Jember Suplai Air Bersih untuk Korban Banjir Ijen

Jember (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia menyuplai air bersih dengan menggunakan truk tangki untuk korban banjir bandang di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

“Berdasarkan rapat koordinasi dengan Dandim Bondowoso dan Camat Ijen, mayoritas korban banjir sempol krisis air bersih,” kata Gufron Evian Effendi, Koordinator Humas PMI Jember, Selasa (17/3/2020).

Tim Posko Tanggap Darurat Bencana PMI Jejaring Sub Regional Jember membentuk tiga bagian: tim yang mendistribusikan air bersih, tim pembagian masker, dan tim pembersihan material pasir dan kayu di rumah warga.

Jadi aelain distribusi air bersih, Posko Tim Darurat Bencana PMI Jejaring Sub Regional Jember bergabung dengan TNI, Polri, BPBD Bondowoso, dan masyarakat membersihkan material kayu dan pasir yang terbawa banjir. “Sebelum bersih-bersih PMI Membagikan masker untuk petugas dan personil untuk menjaga kesehatan,” kata Ghufron.

PMI Jember tak sendirian. Anggota jejaring yang ikut mendirikan TDB (Tanggap Darurat Bencana) di Ijen adalah PMI Jember, PMI bondowoso, PMI Situbondo, PMI Banyuwangi, PMI Lumajang, PMI Probolinggo Kota dan PMI Kabupaten Probolinggo.

“Dalam TDB  di Ijen, PMI menyediakan bantuan sembako, meliputi bubur balita, pempers balita, susu balita, pembalut wanita, sabun mandi, sabun cuci, pakaian layak pakai, mie goreng, minyak goreng dan selimut serta hygiene kit,” kata Ghufron.

“Insya allah lima hari ke depan kami akan membantu korban bencana banjir bandang di Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten  Bondowoso,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar