Peristiwa

KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono menaikan fase pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 dari fase submiss atau hilang menjadi subsunk alias tenggelam. Hal itu diungkapkan dalam keterangan konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Peningkatan fase ini ditandai dengan sejumlah bukti autentik dari kapal selam KRI Nanggala 402 yang ditemukan oleh Tim SAR gabungan. Pernyataan ini sekaligus menandai langkah operasi berikutnya.

“Saya selaku pemimpin staf Angkatan Laut dan seluruh prajurit TNI Angkatan Laut menyampaikan prihatin atas kejadian ini,” ungkap Yudo Margono, Sabtu (24/4/2021).

Selanjutnya, kata Yudo, Tim SAR gabungan masih terus berupaya keras untuk melakukan proses pencarian. Bahkan, proses evakuasi jika memang dimungkinkan adanya awak yang masih selamat.

“Jadi nanti akan kita siapkan evakuasi medis bagi ABK yang kemungkinan masih selamat. Nanti evakuasi akan kita bawa ke Surabaya atau Banyuwangi nanti kita akan proses berikutnya,” terang Laksamana Yudo Margono. [rin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar