Peristiwa

KPU Malang Targetkan 10 Kecamatan Selesai Hitung Malam Ini

Malang (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang optimis, proses rekapitulasi perhitungan hasil Pemilu akan selesai sesuai jadwal yang telah ditargetkan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko di sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi, Kamis (2/5/2019) di ruang paripurna Gedung DPRD Kabupaten Malang.

“Kita lancar-lancar saja, hari ini KPU Kabupaten Malang mengagendakan akan merekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu dari 10 Kecamatan,” terang Santoko.

Namun, kata Santoko, penghitungan hari ini di awal PPK Turen sudah membacakan rekapitulasi capres dan cawapres serta DPD. Meskipun terdapat sedikit kendala untuk mencukupkan formulir model DAA 1 yang harus diserahkan kepada saksi dan Panwas. Setelah selesai dicukupi, pembacaan rekapitulasi hasil pemungutan suara di Kecamatan Turen akan dilanjutkan kembali.

“Setelah break, untuk Kecamatan Turen akan kita lanjutkan pembacaan rekapitulasi perhitungan suara untuk DPR-RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten Malang,” terang Santoko.

Santoko mengatakan, pihaknya optimis proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu di Kabupaten Malang dapat selesai sesuai target seperti yang telah dijadwalkan yakni selama 4 hari sejak 1 Mei hingga 4 Mei 2019.

“Kami optimis, bisa selesai sesuai target. Hari ini, Kamis (2/5/2019) hingga pukul 12.30 WIB kami sudah menyelesaikan 7 Kecamatan. Dan kami optimis hingga pukul 24.00 WIB nanti, kami bisa menyelesaikan 10 kecamatan untuk hari ini. Jadi total selama dua hari ada 15 kecamatan yang kami targetkan untuk selesai diproses,” jelas Santoko.

Santoko menyebut, hal itu dilakukan karena KPU Kabupaten Malang telah mengansumsikan bahwa di dua hari yang akan datang, proses rekapitulasi perhitungan suara yang akan dilakukan adala untuk kecamatan-kecamatan yang jumlah DPT nya kecil.

“Kita asumsikan untuk dua hari ke depan proses pembacaan rekapitulasi perhitungan suara untuk kecmatan yang jumlah DPT nya kecil dan jumlah TPS yang relatif tidak sebesar TPS lain. Untuk itu, di dua hari ke depan kami optimis akan kami selesaikan rekapitulasi perhitungan suara untuk Kabupaten Malang,” imbuh Santoko.

Meski secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar, bukan berarti tidak ada kendala yang dihadapi. Di hari pertama proses rekapitulasi pada Rabu (1/5/2019) kemarin, ada sedikit kendala pada fasilitas yang ada di ruang rapat Paripuran DRRD Kabupaten Malang.

“Jadi sekitar pukul 21.30 WIB screen proyektor yang kami gunakan mulai ngeblur. Ya terpaksa kami hentikan. Sehingga, dari yang kita targetkan ada 7 kecamatan hanya 5 yang bisa diselesaikan proses rekapitulasinya,” pungkasnya.

Ada pun ke 15 kecamatan yang ditargetkan oleh KPU Kabupaten Malang untuk selesai diproses rekapitulasi hingga malam ini adalah Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Bululawang, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Dampit, Kecamatan Turen, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Bantur, Kecamatab Dau, Kecamatan Donomulyo, Kecamatan Gedangan, Kecamatan Jabung, Kecamatan Kalipare, Kecamatan Karangploso dan Kecamatan Kasembon. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar