Peristiwa

Korps Marinir Bantu Warga Lakukan Penanganan Dampak Banjir di Sitiarjo

Malang (beritajatim.com) – Pusat Latihan Tempur Marinir atau Puslatpurmar-4 Purboyo Komando Latih Korps Marinir di Kabupaten Malang, menerjunkan sejumlah personelnya dalam penanganan bencana banjir dan longsor di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Rabu (19/10/2022). Sejumlah Personel Marinir ini dipusatkan di Dusun Rowotrate, yang menjadi lokasi terparah dampak banjir.

Sebanyak 17 personel Pelatih Puslatpurmar-4 Purboyo yang dikomandoi oleh Mayor Poniman ini, ditugaskan membantu warga terdampak banjir. Puslatpurmar-4 juga bergerak bersama Posal Sendang Biru, BPBD Kabupaten Malang dan sejumlah relawan lain.

Para personel yang bertugas ini membantu membersihkan rumah warga dari sisa material-material yang terbawa aliran air saat banjir terjadi. Potongan kayu, pohon, lumpur dan juga puing-puing bangunan yang tersapu banjir.

Salah satu warga yang terdampak, Sutari menyampaikan, terima kasih atas bantuan pembersihan rumah oleh tim gabungan dari Personel Marinir. Sebab mengingat banjir yang terjadi juga cukup besar. “Hampir semua warga mengalami di wilayah ini mengalami kebanjiran dengan ketinggian air kurang lebih 2 (dua) Meter dari halaman rumah,” ujar Sutari.

Sementara itu Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkol Marinir Sulistyo Ivan N, M. Tr. Opsla mengatakan, kegiatan tersebut juga menjadi instruksi langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono. “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Berdasarkan data Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, terdapat 9 kecamatan yang terdampak bencana pada Senin (17/10/2022) lalu. Yakni Kecamatan Tirtoyudo, Dampit, Ampelgading, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Bantur, Gedangan, Pagak, hingga Kecamatan Kalipare. “Dari 9 kecamatan tersebut, ada 37 desa dan 24 dusun yang terdampak bencana alam,” tambah Kepala BPBD Kabupaten Malang, Fuad Fauzi.

Bencana yang terjadi di Kabupaten Malang, sambung Fuad, terbagi sedikitnya menjadi 4 kategori bencana. Yakni diantaranya mulai dari benjana banjir bandang, longsor hingga tanah ambles dan tanah geser. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar