Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Korban Angin Puting Beliung Terima Bantuan dari Bupati Jombang

Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat mengunjungi rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung, Selasa (30/11/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Situasi di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang berangsur normal pasca bencana puting beliung yang terjadi pada Kamis (25/11/2021) sore. Namun demikian, warga masih melakukan pembenahan rumah-rumah yang rusak itu.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (30/11/2021). Ada warga yang mengganti genting rumahnya, ada pula yang bergotong-royong melakukan pembenahan rumah. Semangat warga itu semakin bertambah ketika Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengunjungi desa mereka.

Kedatangan Mundjidah untuk menyalurkan bantuan material hingga kebutuhan sehari-hari kepada kepada warga terdampak. Bupati didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Budi Winarno, Kepala Dinsos Hari Purnomo, Kalak BPBD Abdul Wahab dan jajaran terkait. Setiba di lokasi, bupati langsung meninjau rumah warga yang rusak.

Bupati juga menanyakan kondisi salah satu warga yang tangannya tertimpa material saat kejadian. Selanjutnya, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) menyerahkan bantuan untuk warga terdampak itu. Diantaranya, 31 paket sandang pakaian dewasa dan anak, selimut, sabun batang, Handsanitizer, material genting, galvalum, usuk, serta reng.

Terhadap 39 rumah rusak, Bupati Jombang telah menyalurkan sejumlah bantuan sesuai kebutuhan warga. Mulai dari genting, kayu, asbes, material bangunan, perlengkapan tempat tidur, perlengkapan mandi hingga perlengkapan dapur. “Kita bantu sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar Mundjidah.

Dari hasil pendataan yang dilakukan desa setempat, total ada 39 warga terdampak yang tersebar di Dusun Puri RT 05/02 dan RT 03/01. Sebanyak 39 Rumah Rusak tersebut mulai tertangani. Rinciannya, 8 rumah rusak berat, 8 rusak sedang dan 23 rusak ringan.

“Nah, hari ini kita menyerahkan bantuan untuk korban puting beliung, baik dari Dinas Sosial dan BPBD Jombang. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka,” lanjut Bupati Mundjidah Wahab.

Dari total 39 rumah warga yang terdampak, menurut bupati, tidak ada korban jiwa. Namun diketahui salah satu warga tangannya terluka setelah tertimpa material kayu saat kejadian. “Korban meninggal tidak ada, tapi ada satu korban jarinya tertimpa kayu. Alhamdulillah sekarang sudah mendapat perawatan,” tandasnya.

Bupati berharap, bantuan yang disalurkan pemkab itu dapat meringankan beban warga. Sehingga, mereka dapat tinggal dengan nyaman di rumah mereka. Bupati juga mengimbau agar mereka tetap waspada khususnya saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar