Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Waspadalah Jangan Hutang ke Pinjol

Kontributor Televisi Nasional Sidoarjo Merasa Namanya Dicemarkan

Ilustrasi Uang

Sidoarjo (beritajatim.com) – Banyak dalam kasus pinjaman online (pinjol) berakhir dengan kemalangan. Karena para peminjam malah harus menghadapi jumlah hutang yang membengkak karena bunganya yang besar, dan kadang intimidasi muncul dari para penagihnya.

Sebuah pengalaman juga dirasakan oleh seorang kontributor televisi nasional yang bertugas di Sidoarjo berinisial BP yang mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol. BP meminjam uang dengan proses secara online di aplikasi Minjam Dommpet.

Diduga karena tidak bisa membayar angsuran hutang, akhirnya pihak Minjam Dommpet menyebarkan data pribadi ke nomor telp yang berteman dengan korban BP. Seperti yang diterima RA, teman satu profesi dengan BP.

Nomor telpon WhatsApp RA mendapatkan kiriman gambar dari nomor telpon 083852735315, dengan caption foto sebagai berikut.
DICARI BURONAN NARKOBA MALING PENIPU APIKASI ONLINE YANG TIDAK TAU DIRI TOLONG SAMPAIKAN KEPADA KELUAGANYA

NAMA : BP

NO HP : 813309267..

APLIKASI : MINJAM DOMMPET

ANDA Dl CANTUMKAN SEBAGAI JAMINAN UNTUK HUTANGNYA KAMI TUNGGU PEMBAYRANNYA JAM 14:00 SORE.

Atas kejadian tersebut, BP mengaku merasa dirugikan dan akan melaporkan ke pihak berwajib.

“Sudah saya bayar hutangnya,” ucap BP kepada teman wartawan Sidoarjo Rabu (25/5/2022).

Tangkapan Layar

Penggunaan pinjol ilegal memang dinilai tidak menguntungkan sama sekali, bahkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit mengatakan data penerima pinjaman juga bisa disalahgunakan oleh para platform itu.

Terpisah, Indah Kurnia anggota Komisi XI DPR-RI menyatakan, Sosialisasi dan edukasi tentang waspada Pinjol yang telah dilakukan, terbukti menjadikan perusahaan Pinjaman Online ilegal semakin massif melakukan serangan, teror terhadap penunggak pinjaman.

“Bahkan hal-hal yang tidak santun dan tidak manusiawi dijalani oleh para pengelola Pinjol ilegal bila ada peminjam yang tidak bayar,” ucapnya.

lanjut Indah Kurnia, kalau memaksa harus mendapatkan pinjaman dengan cepat, bisa melakukan pinjaman online pada lembaga atau institusi yang legal, karena banyak Pinjol legal yang terdaftar resmi di OJK . (isa/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar