Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kontes Kreasi Wingko Hingga Melon Megilan Warnai Hari Jadi Lamongan

Logo Hari Jadi Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Masyarakat Kabupaten Lamongan bersiap menyambut peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) yang ke-453. Sejumlah rangkaian acara digelar untuk memeriahkan kegiatan yang rutin diperingati tiap tanggal 26 Mei tersebut.

“Iya, Alhamdulillah. Setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19, kini serangkaian acara untuk menyambut HJL ke-453 pun bisa kembali digelar secara semarak,” ujar Kadis Kominfo Lamongan, Sugeng Widodo, Sabtu (21/5/2022).

Sugeng menambahkan, serangkaian acara ini diselenggarakan terhitung mulai dari bulan Mei hingga Agustus mendatang. Seperti pesta diskon HJL, beberapa lomba dan turnamen, pameran, festival, pementasan, serta Lamongan tempo doeloe.

“Acaranya cukup variatif. Ada pesta diskon, perlombaan, bonsai, festival melon megilan, kreasi wingko, festival pantura, pagelaran wayang kulit, ludruk, fun bike, dan lain-lain. Lalu untuk puncak acara peringatan pada 26 Mei juga akan digelar Pasamuan Agung di Pendopo Lokatantra Lamongan,” imbuhnya.

Tak cukup itu, Sugeng menjelaskan bahwa tema yang diusung kali ini adalah Kolaborasi Mewujudkan Lamongan yang Inklusif. Menurutnya, tema itu diambil lantaran tahun 2022 ini adalah tahun awal implementasi RPJMD 2021-2026.

“Sehingga perlu menjalin kolaborasi antar stakeholder untuk akselerasi pembangunan infrastruktur layanan dasar dan kebangkitan ekonomi,” tambah Sugeng.

Sementara untuk logo HJL ke-433 tahun ini, Sugeng menuturkan, dipadukan dan disesuaikan dengan warna yang ada dalam logo resmi Pemkab Lamongan, yakni biru, hijau, dan kuning.

“Perpaduan warna dalam logo itu mampu memberikan kesan kekayaan SDA, yakni pertanian, perikanan, dan kelautan serta pariwisata,” tuturnya.

Masih kata Sugeng, untuk desain angka 453 tahun ini dibuat dengan style origami yang memiliki lekukan dan memberikan arti saling berkolaborasi antara satu sama lain.

“Di angka itu juga ada ombak lautan, matahari senja dan juga lambang branding bandeng lele sebagai gambaran akan kejayaan bahari Lamongan,” tandasnya. [riq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar