Peristiwa

Koin Kuno Ditemukan di Lamongan Diduga Peninggalan Abad X

Disparbud saat ke Lokasi penemuan koin dan batu bata kuno di Desa Sukosongo Kembangbahu Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Terkait temuan koin kuno, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan melakukan gerak cepat dengan segera mengkonsultasikan temuan tersebut ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim.

“Kami telah membawa sampel koin dan batu bata yang kita dapat dari Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu untuk kami konsultasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim,” kata Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftach Alamuddin kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Miftah Alamuddin juga mengungkapkan, hasil dari konsultasinya dengan BPCB Jatim telah menemukan hasil bahwa koin uang kuno tersebut diperkirakan berasal dari abad 10 hingga 12 Masehi. Era tersebut merupakan peninggalan dari masa Dinasti Song. “Koin kuno yang ditemukan ini diperkirakan berasal dari Dinasti Song Tiongkok, yakni pada abad X – XII Masehi,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk batu bata kuno yang berukuran cukup besar yang juga ditemukan di sekitar lokasi penemuan koin, Miftach menyebutkan bahwa batu bata tersebut juga telah berusia tua dan identik dengan batu bata pada era kerajaan Majapahit. “Sedangkan batu batanya identik dengan era Majapahit,” sambungnya.

Mengenai benar tidaknya lokasi tersebut merupakan kawasan kuno atau akan ditemukannya lagi benda-benda kuno di lokasi tersebut, Miftach mengaku, saat ini pihaknya belum bisa memastikannya, hal itu dikarenakan minimnya data temuan yang bisa dijadikan sebagai referensi. “Belum bisa diinterpretasikan lebih, karena butuh kajian lagi, dan minimnya data temuan selain koin dan batu bata kuno tersebut,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini lokasi ditemukannya batu bata dan kepingan koin uang kuno tersebut telah ditutup oleh Disparbud Lamongan dan pemerintah desa setempat, hal itu dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar