Peristiwa

Cegah Luapan Banjir Kali Lamong

Kodim 0817 dan BPBD Gresik akan Tanam Rumput Vetiver

Gresik (beritajatim.com)– Guna mencegah pengikisan serta meluapnya Kali Lamong, Kodim 0817 dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, bakal menamami rumput vetiver atau akar wangi.

Penanaman vetiver tersebut dilakukan bersama-sama. Tidak hanya Kodim 0817 dan BPBD Gresik saja yang terlibat. Namun, sejumlah instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pertanian (Distan), camat dan Kepala Desa (Kades) juga turut dilibatkan.

Kegiatan tersebut rencananya, dilakukan sepanjang tanggul Kali Lamong, yang berada di Desa Morowudi Kecamatan Cerme dan Desa Boboh, Kecamatan Menganti, Gresik.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Gresik, Munir menjelaskan, rumput vetiver termasuk tanaman yang cocok jika ditanam di tanggul kali maupun lereng pegunungan. Pasalnya, tanaman tersebut untuk mencegah terjadinya longsor karena memiliki akar yang kuat.

“Nanti cara tanamnya itu dengan jarak 30 sampai 40 sentimeter. Dengan pola tanam menyilang. Supaya akar dari masing-masing rumput akan mengikat satu sama lain yang berfungsi menguatkan struktur tanah tanggul tersebut,” ujarnya, Jumat (21/2/2020).

Ia menambahkan, kegiatan ini pertama kalinya dilakukan. Harapannya, setelah rumput vetiver ditanam. Luapan air Kali Lamong bisa diminimalisir. Sehingga, saat musim hujan banjir tidak meluas. “Mudah-mudahan rumput vetiver yang ditanam ada manfaatnya,” imbuhnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar