Peristiwa

Kodim 0813 Bojonegoro Kerahkan Dua Unit Perahu Atasi Tanggul Jebol

Bojonegoro (beritajatim.com) – Luapan sungai Kali Avour mengakibatkan tanggul di perbatasan Desa Gedongarum – Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro jebol.

Jebolnya tanggul anak sungai Bengawan Solo tersebut mengakibatkan air diperkirakan menggenangi lahan pertanian seluas kurang lebih 900 hektar padi yang masih berumur 1,5 sampai 2 bulan.

Tanggul sungai yang tergerus air tersebut diperkirakan sepanjang 10 meter. Karena lokasi titik tanggul yang longsor jauh dari akses jalan, Kodim 0813 dan BPBD Bojonegoro menerjunkan dua perahu serba guna untuk mengangkut berbagai peralatan maupun material menuju lokasi seperti sesek bambu, karung pasir dan tanah yang awalnya diangkut menggunakan sepeda motor bahkan dipanggul satu-satu oleh warga.

“Iya, langsung kami kirim dua unit perahu untuk efektifitas perbaikan tanggul, serta personel Kodim dan Babinsa, agar dapat membantu kesulitan masyarakat desa angkut material yang terkendala jalan pematang persawahan tertutup banjir,” ungkap Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, Selasa (15/12/2020).

Dilokasi yang sama, Nurcholis, anggota agen dari BPBD Provinsi Jawa Timur di Bojonegoro mengungkapkan dengan adanya bantuan perahu serba guna tersebut sehingga meringankan beban warga yang melakukan kerja bakti membangun tanggul darurat yang jebol.

Gotong royong pembangunan tanggul tersebut bahkan dilakukan hingga malam hari. “Luar biasa respons cepat Pak Dandim ini. Dua unit perahu sekali jalan saja mampu mengangkut sekitar 80 karung pasir dan tanah. Dan tentu sangat membantu mempercepat penanganan,” ujarnya. [lus/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar