Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kodim 0812 Lamongan Salurkan BLT Minyak Goreng pada 25 Ribu PKLWN

Penyaluran BLT minyak goreng kepada PKLWN di halaman Markas Komando Rayon Militer (Makoramil) 0812/18 Brondong, Kamis (19/5/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Kodim 0812 Lamongan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp 300 ribu secara serentak kepada pedagang kaki lima, warung, nelayan (PKLWN) yang tersebar di 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Lamongan.

Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menyampaikan bahwa BLT minyak goreng senilai Rp 300 ribu ini merupakan program dari pemerintah yang disalurkan langsung oleh TNI jajarannya demi meringankan beban masyarakat saat Pandemi Covid-19, utamanya kepada PKL.

“Kegiatan penyaluran bantuan BLT minyak goreng ini merupakan program dari pemerintah yang disalurkan melalui TNI jajaran Kodim 0812/Lamongan kepada 25.000 orang PKLWN se-Kabupaten Lamongan,” ujar Letkol Kav Endi kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Penyaluran BLT minyak goreng kepada PKLWN di halaman Markas Komando Rayon Militer (Makoramil) 0812/18 Brondong, Kamis (19/5/2022).

Pihaknya menambahkan bahwa kegiatan penyaluran BLT minyak goreng kepada PKLWN ini dilaksanakan secara bertahap dengan pembagian waktu sekitar 5 hari dan ditargetkan diterima oleh sekitar 500 orang per harinya demi menghindari kerumunan saat penyalurannya.

“Dalam pelaksanaannya kita lakukan pembagian waktu agar tidak terjadinya kerumunan demi menghindari serta mencegah terjadinya penyebaran Covid-19,” terangnya.

Letkol Kav Endi berharap, bantuan ini dapat digunakan untuk modal usaha dan bermanfaat bagi PKLWN serta bisa kembali menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya di tingkat bawah. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga selesai nanti,” harapnya.

Sementara itu, di salah satu lokasi pembagian BLT ini, tepatnya di halaman Markas Komando Rayon Militer (Makoramil) 0812/18 Brondong, terlihat ratusan masyarakat Kecamatan Brondong telah berbondong-bondong memadati lokasi.

Penyaluran BLT minyak goreng kepada PKLWN di halaman Markas Komando Rayon Militer (Makoramil) 0812/18 Brondong, Kamis (19/5/2022).

Mereka tampak berantusias untuk menerima BLT minyak goreng dari Pemerintah Pusat yang diketahui sudah berjalan selama 2 hari ini. Tak hanya penyaluran bantuan BLT saja, tetapi pihak TNI jajaran setempat juga telah menyiapkan fasilitas untuk vaksinasi.

“Di hari pertama, kita sudah menyalurkan 532 penerima BLT dan sisanya akan dilanjutkan di hari berikutnya secara bertahap dengan target 5.500 orang PKL di wilayah kecamatan Brondong,” kata Danramil 0812/18 Brondong, Kapten Inf Ali Mahmud.

Lebih lanjut, Kapten Inf Ali mengatakan, bantuan ini merupakan program pemulihan perekonomian nasional yang terhitung untuk 3 bulan senilai Rp 300 ribu per-KK. “Teknis hari kedua ini kita salurkan untuk warga desa yang jarak tempuhnya lumayan jauh dari Koramil,” imbuh Danramil.

Masih kata Kapten Inf Ali, bahwa bagi warga yang menerima bantuan BLT ini tidak dapat diwakilkan dan wajib membawa identitas Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Harapan kita dengan adanya bantuan ini dapat dimanfaatkan warga sebagaimana mestinya dan sekaligus mampu memulihkan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini,” pungkasnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar