Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kocak, Bahasa Indonesia Ramai Dipakai Bocah Malaysia, Emak-emak Panik

Surabaya (beritajatim.com) – Bahasa Indonesia termasuk bahasa yang mudah dipahami sehingga mudah dipelajari. Bahkan, saat ini Bahasa Indonesia telah menjamah keseharian berbahasa anak-anak muda di Malaysia.

Terdapat satu thread di Twitter pemilik akun @Hanif_AF yang menggumpulkan tangkapan layar kolom komentar orangtua di Malaysia yang mengeluhkan anaknya. Sebab, si anak lebih fasih berbicara dalam Bahasa Indonesia daripada Bahasa Melayu.

Dalam unggahannya itu @Hanif_AF menuliskan, “Fakta menariknya adalah kini lebih banyak anak muda di Malaysia yang menggunakan bahasa Indonesia daripada pemuda Indonesia pakai bahasa Melayu (versi Malaysia). Sampai orang tua di sana ketar-ketir pun, haha.”

Tangkapan layar dari komentar orang tua terkait anaknya yang Indonesia banget:

“Anak saya dalam kereta bercakap sama bapak dia, jangan bawa kereta laju-laju nanti ketabrak mobil,” tulis salah satu warganet dalam unggahan tersebut.

“Gimana caranya biar anak nggak ngomong bahasa Indonesia…. naaa kan sia pun terjangkit sudah, hahahaha,” curhat lainnya.

“Pengaruh TikTok, Youtube dengan Sinetron.. budak kecil pun diorang panggil bocah hmmm,” komentar lainnya.

“hmmm
Anak: mamy ni imut banget
Sy: hiti maii kuh ikau tapapo
Anak: bocah kok dimarahin terus
Sy: ((emoticon menangis)),” komentar warganet

“Adik saya layan movie doraemon, tapi suara watak guna bahasa Indonesia… Doraemon bantuin aku menewaskan raksasa itu… Aku mohon padamu… hahaha,” cerita warganet.

“Gara-gara tengok youtube omputih tapi alih suara Indonesia. bila dia nampak ketam – ibuuu itu piting (kepiting),” tambah lainnya.

Salah satu warganet pun memberikan celetukannya.

“Jangan hairan kalau budak-budak sekarang 10 tahun lagi semua guna bahasa Indonesia. Orang luar dayang Sabah ingat salah naik flight pigi Jakarta. Anak buah saya sebut ketam pun kepiting. Bawa pigi kedai pun dia bilang mari ke toko,” jelas warganet.

Sang pemilik akun pun di akhit threadnya menuliskan bahwa “Sebelum ramai, twit ini hanya bacaan ringan dan hiburan saja ya kawan. Mari pererat tali persaudaraan antar bangsa dan tidak perlu minder dengan budaya sendiri. 🇮🇩🤝🇲🇾 Salam…. dari Binjai~” (adg/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar