Peristiwa

KM Arta Jaya Tenggelam, Ratusan Sapi dan 2 ABK Belum Ditemukan

Bangkalan (beritajatim.com) – Sebuah kapal motor Arta Jaya bermuatan hewan ternak sebanyak 488 ekor sapi dan 300 ekor kambing, tenggelam di perairan selat Karimata.

Informasi yang berhasil diperoleh beritajatim.com, kapal tersebut berangkat sekitar 14.00 WIB, 17 Juli 2019 dari pelabuhan Telaga Biru, Bangkalan, dengan 9 orang ABK serta 11 orang pengawal sapi. “Iya benar KM Arta Jaya tengelam di selat Karimata,” terang Bambang Sugiarto, Kepala Unit Penyelengara Pelabuhan Kelas III Telaga Biru, Bangkalan, Senin (22/7/2019).

Bambang menambahkan, beberapa ABK berhasil diselamatkan oleh kapal motor lintas 18 yang kebetulan juga melintas di perairan tersebut. Namun, pada saat proses evakuasi ada perbedaan jumlah ABK. Hal itu karena nahkoda KM Arta Jaya. “Hasil evakuasi yang berhasil diselamatkan 23 orang yang tidak ditemukan 2 orang, ini ada perbedaan jumlah ABK karena nahkoda tidak melaporkan adanya perubahan setelah izin diberikan,” imbuhnya.

Sementara ketika ditanya mengenai penyebab tengelamnya KM Arta Jaya. Bambang belum bisa menjelaskan lebih detail lantaran sampai saat ini proses evakuasi masih berlangsung. “Kita belum tau karena belum menerima laporan dari Pontianak,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, selat Karimata adalah penghubung laut Cina selatan dengan laut Jawa. Selat ini terletak di antara pulau Sumatra dan Kalimantan dengan lebar selat sekitar 150 KM.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar