Peristiwa

Klub Astronomi Sumenep Ajak Siswa Intip Gerhana Matahari Cincin

Sumenep (beritajatim.com) – Klub Astronomi Sumenep ‘Gai’ Bintang’ mengajak siswa dan masyarakat melihat fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) di depan ‘Labang Mesem’, Keraton Sumenep.

“Kami ingin para siswa dan masyarakat umum melihat dengan jelas fenomena GMC ini, dengan peralatan yang sudah kami siapkan,” kata Ketua ‘Gai’ Bintang’ Astronomi Club, Januar Herwanto, Kamis (26/12/2019).

Untuk menyaksikan gerhana matahati tersebut, ‘Gai’ Bintang’ telah menyediakan teleskop disertai filter dan kacamata GMC. “Jadi siswa maupun masyarakat yang ingin melihat GMC bisa menggunakan teleskop yang sudah kami sediakan,” ujarnya.

Gerhana matahari cinin (GMC) sebagian dimulai pukul 10:22. 38. Gerhana Cincin mulai terlihat pada Pukul 12.15.54 WIB dan Puncak GMC pukul 12.17.43. GMC berakhir pada pukul 12.19.33 dan akhir gerhana sebagian pukul 14.13.52 WIB.

“Sayangnya tadi di Sumenep mendung dan hujan, sehingga fenomena GMC tidak dapat terlihat. Kami sudah siap mulai jam 10, tapi karena mendung, matahari tidak bisa terlihat,” ujar Januar. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar