Peristiwa

Klub Astronomi Gai’ Bintang Sumenep Ajak Masyarakat Saksikan Gerhana Bulan Via Teleskop

Para siswa dan mahasiswa antusias melihat gerhana bulan total melalui teleskop (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Klub Astronomi Gai’ Bintang Sumenep mengajak masyarakat menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total melalui teleskop di depan ‘Labang Mesem’ Keraton Sumenep.

Koordinator Klub Astronomi Gai’ Bintang, Januar Herwanto menjelaskan, pihaknya memang selalu menggelar kegiatan serupa apabila terjadi fenomena alam seperti gerhana bulan. Ia menyediakan teleskop untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyaksikan lebih detil terjadinya gerhana bulan, meskipun fenomena ini sebenarnya juga bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Kalau melalui teleskop ini bisa lebih jelas detik-detik terjadinya gerhana. Bahkan permukaan bulan yang berlubang-lubang inipun bisa terlihat jelas,” katanya, Rabu (26/05/2021).

Klub Astronomi yang sudah berumur 11 tahun ini menyediakan satu teleskop. Siapapun boleh bergabung untuk melihat gerhana bulan total dan tanpa dipungut biaya. Acara ‘nobar’ gerhana bulan total melalui teleskop itu digelar di depan Labang Mesem mengingat lokasinya cukup luas dan memadai.

Kegiatan tersebut cukup menarik minat masyarakat, terutama para siswa dan mahasiswa. Mereka rela berbaris antri, secara bergiliran melihat gerhana bulan total melalui teleskop.

“Tadi bulan sempat gak kelihatan karena tertutup mendung. Tapi Alhamdulillah, detik-detik berikutnya langit cerah, sehingga gerhana bulan ini bisa terlihat sangat jelas,” ucap Januar sambil tersenyum.

Semetara Pusat Sains Lapan dalam akun instagram resminya menyampaikan bahwa gerhana bulan terlihat spesial, karena beriringan dengan terjadinya perige, yakni bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Dalam gerhana bulan total ini, bulan tampak merah karena pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi. Karena itu, gerhana bulan kali ini disebut juga dengan bulan merah super atau ‘super blood moon’. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar