Peristiwa

Klenteng KSB Tuban Masih Digembok, Perayaan HUT Ditiadakan

Tuban (beritajatim.com) – Pelaksanaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kong Co Kwan Sing Tee Koen di klenteng Kwan Sing Bio Tuban terancam gagal, Rabu (12/8/2020). Hal itu karena masih digemboknya sejumlah pintu masuk dan juga gerbang utama Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban tersebut.

Perayaaan HUT Kong Co di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban itu harusnya dilaksanakan pada Kamis 13 Agustus 2020 besok. Namun, sampai dengan saat ini kondisi klenteng yang langsung menghadap ke laut utara Tuban itu masih digembok. Tentu saja, para umat serta pengurus tidak bisa masuk.

Pantuan di lapangan, sejumlah umat dan juga pengurus dari Klenteng Kwan Sing Bio nampak berkumpul di depan pintu masuk tempat ibadah. Mereka sangat menyayangkan belum dibukanya pintu utama masuk. Pintu tersebyt masih dirantai dan digembok dari luar.

“Ini sudah digembok sejak 28 Juli lalu, sampai sekarang ya masih belum dibuka. Padahal mereka itu pengurus yang tidak sah,” terang Alim Sugiantoro, Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban saat ada di lokasi depan kelenteng.

Menurutnya, setiap tahun Kwan Sing Bio yang merupakan salah satu kelenteng terbesar di Indonesia itu menggelar kegiatan perayaan ulang tahun untuk Kong Co. Namun, dengan kondisi pintu gerbang itu belum dibuka, maka pihak klenteng tidak bisa melakukan kegiatan apa-apa.

“Biasanya HUT Yang Mulya Kong Co itu kan sudah tahu semua, pasti ramai sekali, kita harus persiapan dan lain sebagainya, apalagi situasi saat ini Covid. Kita ya tidak bisa apa-apa, kondisi seperti ini,” tambah Alim.

Selain tidak bisa menggelar kegiatan perayaan HUT Kongco, para umat mengaku juga tidak bisa masuk untuk melakukan ibadah. Selama ini tidak ada umat Tri Dharma di Tuban yang bisa masuk ke dalam kleteng semenjak dilakukan penggembokan.

“Tidak ada yang bisa masuk, ya selama ini tidak bisa sembayang di dalam. Masuk saja tidak bisa, apalagi ibadah,” pungkasnya.

Meskipun tidak melakukakan kegiatan perayaan secara meriah dalam merayakan HUT Kongco pada tahun ini, sejumlah umat dan pengurus demisioner tempat ibadah itu akan tetap melakukan ritual sembahyang. Mereka akan menggelar sembahyang di depan pintu gerbang meski tidak bisa masuk ke dalam klenteng. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar