Peristiwa

Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi Bersolek Jelang Imlek

Banyuwangi (beritajatim.com) – Tempat peribadatan umat Tri Dharma Banyuwangi, di Klenteng Hoo Tong Bio, Kelurahan Karangrejo siap untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Sejumlah fasilitas, sarana dan kelengkapan nampak sudah terpasang di klenteng terbesar di Bumi Blambangan itu.

“Pemasangan lampion, membersihkan seluruh lokasi, termasuk membersihkan patung para dewa (rupang) sudah kita lakukan. Mengantar para suci istilahnya laporan ke Tuhan sebagai tradisi, 14 hari setelah hari raya itu biasanya beliau-Nya turun,” kata Sekretaris Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi, Cahyadi Sugiyanto, Jumat (1/2/2019).

Bahkan, kata Cahyadi, perayaan kali akan lebih meriah. Panitia akan memasang ribuan lampion mulai jalan masuk sisi utara dan selatan menuju ke lokasi ini.

“Tahun ini, kita diminta untuk merayakan lontong cap go meh bersama dan masuk dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2019,”

“Dalam rangkaiannya, ada doa di Watudodol, ada donor darah, kemudian pembagian sembako dan lain-lain,” ungkapnya.

Perayaan imlek tahun ini, kata Cahyadi, ingin seluruh umat dapat bersanding rukun. Jalinan persaudaraan dan silaturahmi antar agama semakin erat.

“Harapannya seperti yang sudah kita lakukan di sini, kita berhubungan baik dengan warga sekitar. Tidak pernah ada perbedaan, dan kita berdoa agar Banyuwangi ini aman,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar