Peristiwa

Kisah Polisi Selamatkan Ibu Melahirkan di Tepi Hutan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sekitar pukul 07.30 WIB, Kanit Binmas Polsek Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Ipda BJ Handoko melakukan tugas seperti biasa. Yakni menjalankan protap Sapa Pagi di pertigaan Terminal Betek, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (6/12/2019).

Usai melakukan Sapa Pagi, sekitar pukul 07.30 WIB, dia hendak melakukan apel pagi di Mapolsek Gondang. Saat melintas di sekitar hutan desa setempat dia mengetahui warganya yang sedang membutuhkan pertolongan. Sepeda motor yang ia kendarai langsung dihentikan. Berbekal rasa kemanusiaan, dia kemudian menolong sesuai kemampuannya.

Saat itu, seorang ibu bernama Lastri Sulistianingsih (34) warga Dusun Puguhrejo, Desa/Kecamatan Gondang, hendak melahirkan. Dengan perut besar Lastri bersandar di pangkuan suaminya, Yuliono, di tepi jalan. Lastri sudah tidak tahan menahan kontraksi. Dengan cekatan dia kemudian menolong proses persalinan Lastri dengan selamat.

Bayi laki-laki seberat 1,6 kilogram lahir. Tanpa pengalaman, BJ Handoko mengaku hanya berpikir bagaimana caranya agar bayi tersebut bisa selamat. Bayi yang sudah lahir itu kemudian dipegang dan dihangatkan di tangannya menggunakan handuk milik warga sekitar. “Saat itu tidak terpikir apa-apa selain hanya ingin menyelamatkan bayi,” ujarnya.

Setelah bayi itu lahir, dia berusaha meminta tolong kepada warga yang melintas untuk menghubungi Bidan Puskesmas Gondang. Tidak lama Bidan Puskesmas datang dan memotong tali pusar jabang bayi merah itu. “Sebelumnya belum pernah menolong ibu hamil, ini baru pertama,” terangnya.

Bayi laki-laki itu lalntas dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro karena kondisinya yang lahir secara prematur. Bayi tersebut harus mendapat perawatan khusus. Sedangkan, ibunya dirawat di Puskesmas Gondang.

Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan mengapresiasi keberanian anggotanya yang berhasil menolong warganya. Menurutnya, sebagai anggota Polri sudah seharusnya bisa menolong warga yang sedang membutuhkan dalam kondisi apapun. “Saya sendiri belum tentu berani menolong ibu hamil, ini yang harus menjadi perhatian anggota polri lainnya,” ujar Kapolres. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar