Peristiwa

Khofifah Sambangi Pengungsi Puting Beliung di Kota Batu

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan melihat kondisi para pengungsi di Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Bencana angin puting beliung di Kota Batu membuat 1.182 jiwa mengungsi ke sejumlah posko pengungsian. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan melihat kondisi para pengungsi pada, Senin, (21/10/2019).

Dia datang bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Khofifah dalam kunjungan ini memastikan kebutuhan para pengungsi bakal dijamin oleh Pemprov Jatim dan Pemkot Batu.

“Dari Pemprov sudah. Ada pakaian, matras, kids wear, makanan. Itu sebetulnya bagian dari supporting team yang kita lakukan antara lain tim BPBD dan Tagana yang sudah menyatu dengan tim Pemkot Batu,” kata Khofifah, Senin, (21/10/2019.

Khofifah menyebut, saat ini yang dibutuhkan oleh para pengungsi adalah dukungan. Sebab, kerugian yang diderita para pengungsi juga cukup besar. Untuk itu dia meminta masyarakat Jatim agar mengulurkan tangan bagi warga Kota Batu.

“Saya tetap mohon masyarakat Jatim beri support. Support itu penting karena di antara mereka yang sekarang ini sedang mengungsi ada yang rumahnya masih berdebu. Ada yang gentengnya harus diganti. Ada yang kacanya harus diganti,” papar Khofifah.

Jumlah pengungsi angin puting beliung di Kota Batu terus bertambah setiap waktu. Kini update dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu, jumlah pengungsi sudah mencapai 1.182 jiwa.

Mereka berasal dari tiga Desa Sumberbrantas, Desa Gunungsari dan Desa Sumbergondo semuanya berada di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Ribuan pengungsi ini ditempatkan di beberapa posko. Seperti di Rumah Dinas Wali Kota, Balai Desa Punten, Posko BPBD, Balai Desa Tulungrejo, SDN Punten, Balai Desa Sidomulyo, dan Kantor Lurah Songgokerto. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar