Peristiwa

Khofifah dan Anies Baswedan Kompak Kirim Sapi Kurban ke Ponpes Tebuireng Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Pondok pesantren Tebuireng Jombang menyembelih sapi sebanyak 22 ekor dalam Hari Raya Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7/2020). Dari jumlah itu ada sapi kurban yang berasal dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penyembelihan hewan kurban tersebut dilakukan secara bergelombang, yakni hari ini dan besok. “Hari ini yang disembelih 10 ekor sapi. Pagi lima ekor, sore lima ekor,” kata salah satu panitia kurban pesantren Tebuireng, Teuku Azwani.

Azwani menjelaskan, penyembelihan hewan kurban di Tebuireng menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Yakni, panitia diwajibkan memakai face shield atau pelindung wajah. Mereka juga diminta menjaga jarak. Sedangkan para santri dilarang mendekat ke lokasi penyembelihan.

Begitu juga dengan pembagian daging kurban. Kalau tahun sebelumnya, warga yang akan menerima daging mendatangi panitia dengan menukarkan kupon. Namun tahun ini sebaliknya, panitia kurban yang datang ke rumah warga guna membagikan daging tersebut.

“Jadi kita benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Mulai penyembelihan hingga pembagian. Ada seribu warga sekitar Tebuireng yang menerima daging kurban,” sambung santri senior asal NAD (Nangroe Atjeh Darussalam) ini.

Azwani merinci, sebanyak 22 ekor sapi itu berasal dari berbagai pihak. Di antaranya dari walisantri dan LSPT (Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng). Kemudian juga sapi dari sumbangan sejumlah pejabat. Yakni, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Dardak, Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran. Selain itu, ada juga sapi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya sapi kurban dari pengasuh pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) serta dari Nyai Farida Salahuddin Wahid. “Totalnya ada 22 ekor. Ada sapi dari Bu Khofifah (Gubernur Jatim) dan Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta),” pungkas Azwani. [suf/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar