Peristiwa

Ketua Lesbumi NU dan Mantan Kepala Dinas PU Jember Wafat

Jember (beritajatim.com) – Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nadhlatatul Ulama Jember, Rasyid Zakaria, meninggal dunia, di Rumah Sakit Jember Klinik, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (30/8/2020) malam.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jember ini wafat dalam usia 60 tahun, setelah sempat menjalani perawatan karena komplikasi penyakit selama kurang lebih dua pekan. Selama sakit, ia sempat dijenguk Bupati Faida.

Rasyid meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Rencananya dia akan dimakamkan di Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso.

Selama hidup, Rasyid menjadi pejabat teras Pemerintah Kabupaten Jember, semasa pemerintahan Bupati Samsul Hadi Siswoyo, MZA Djalal, dan Faida. Selain Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan, ia pernah menjabat posisi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember sebelum pensiun pada 2019.

Selain aktif di Lesbumi, Rasyid juga aktif sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Kabupaten Jember. Kenal dekat dengan legenda musik dangdut Indonesia, Rhoma Irama, ia menjadi Ketua PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia) Jember.

Tahun 2015, Rasyid Zakaria pernah maju dalam pemilihan kepala daerah dan sempat mendapat lampu hijau dari Partai Kebangkitan Bangsa. Namun langkahnya terganjal, setelah PKB tak menemukan teman koalisi. Lima tahun kemudian, ia mencoba kembali untuk bertarung dalam pilkada. Kali ini ia mendaftarkan diri ke sejumlah partai seperti PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar