Peristiwa

Ketua Lesbumi dan Mantan Kepala Dinas PU Jember Dimakamkan di Bondowoso

Jember (beritajatim.com) – Rasyid Zakaria, Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia dan mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember, dimakamkan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin (31/8/2020) pagi.

Para pelayat memadati rumah duka di Prajekan Kidul Gang Rajawali, Desa Prajekan, Kecamatan Prajekan, Bondowoso. Mereka mengantarkan Rasyid ke tempat peristirahatan terakhir di desa tersebut.

Rasyid meninggal dunia, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jember Klinik karena komplikasi penyakit, Minggu (30/8/2020) malam. Dia meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqiet Arief menyebut Rasyid sebagai sosok yang akrab, suka menolong, dan penuh semangat semasa hidup. “Keakraban yang saya rasakan bukan saja karena saya sebagai wakil bupati, tapi sejak saya bukan siapa-siapa. Almarhum telah dan selalu menjalin silaturahim. Jadi saya merasa kehilangan seorang sahabat dan saudara,” katanya.

Satriyo Budi Darmawan, salah satu sahabat anak Rasyid, menyebut pria berusia 60 tahun itu adalah sosok yang memperhatikan detail. “Waktu itu, kami ngobrol soal industri musik,” katanya. Rasyid juga mengetuai Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia Jember. Satriyo merasakan kewibawaan Rasyid saat ngobrol. “Lawan bicaranya segan, padahal beliau santai kalau bicara,” katanya.

Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto menilai Rasyid sebagai sosok yang rendah hati. “Birokrat murni dan betul-betul rela mempertaruhkan jabatan untuk kepentingan publik. Saya kenal Pak Rasyid sebelum jadi anggota Dewan. Beliau orang yang peduli kepada yatim piatu, masyarakat tak mampu. Jiwa sosialnya tinggi,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar