Peristiwa

Rapat Dengar Pendapat

Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Sebut Bos ‘Rasa Sayang’ Pengusaha Nakal

Suasana Rapat Hearing di gedung Komisi A DPRD Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Komisi A DPRD Kota Surabaya menggelar rapat dengar pendapat atau hearing dengan George selaku Ketua Hiperhu beserta bos ‘Rasa Sayang’ Heri Kuncoro, Senin (30/8/2021). Dalam rapat tersebut terkuak fakta baru, yakni Heri Kuncoro disebut tidak memiliki izin lengkap.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan bahwa Rasa Sayang Kapasari (Zona Cafe) dan Rasa Sayang Bluefish tidak memiliki izin lengkap. “Sampai saat ini Zona yang dulu bernama Garuda dan Rasa Sayang Bluefish belum lengkap. Yakni, tidak memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP),” ujarnya di hadapan peserta hearing.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat teguran kepada Zona Cafe terkait perizinan. Bahkan hal tersebut dilakukan sebelum Pandemi Covid-19. “Untuk Zona kita sudah melayangkan surat teguran dua kali terkait perizinan,” imbuhnya.

Mendengar hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Pertiwi Ayu Krisna dari Fraksi Golkar menyebut bos Rasa Sayang Heri Kuncoro sebagai pengusaha nakal. Ia pun menegaskan, jika usaha hiburan tersebut tidak ada izin, maka seharusnya tidak boleh buka.

“Bapak pengusaha nakal. Jadi mohon maaf terpaksa saya, sebetulnya berat. Tapi nanti ada tahapannya mana yang bisa dibuka dan ditutup. Tapi kalua izinnya tidak ada, buat apa dibuka,” ujarnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Heri Kuncoro selaku Bos Rasa Sayang group menjelaskan bahwa untuk Zona Cafe ia pernah mengajukan izin. Tetapi, pada saat masa PSBB Pemkot tidak mengeluarkan izin tersebut.

“Izin Zona Cafe awalnya sudah ada, alamatnya di Ngesong. Kemudian pindah ke Kapasari. Saat saya mengajukan pemindahan alamat pada masa PSBB, Pemkot tidak mengeluarkan izin dulu,” ujarnya saat dikonfirmasi beritajatim.com.

Ditanya lebih lanjut, apakah Rasa Sayang Bluefish juga tidak memiliki izin, ia memaparkan bahwa Rasa Sayang Bluefish di jalan Tegalsari sudah memiliki izin lengkap. “Blue Fish izinnya komplit,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, menanggapi dua anggota Satpol PP Kota Surabaya yang terlibat pemukulan saat mabuk di Cafe Zona, Jalan Kapasari, Surabaya, Senin, (23/08/2021) malam, Komisi A DPRD Kota Surabaya mengadakan rapat hearing bersama dengan Ketua Gugus Tugas Covid 19, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kasatpol PP Surabaya, Ketua Himpunan Pengusaha Rekreasi Hiburan Umum (Hiperhu) Surabaya, George Handiwiyanto dan pemilik dari Cafe Zona, Heri Kuncoro. [ang/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar