Peristiwa

Ketua IKA FK Unair Ajak Semua Alumnus Terlibat jadi Relawan Medis Covid 19

Getty Images/BBC

Surabaya (beritajatim.com) – Menangani virus corona Covid 19 yang sedang mewabah, tentu saja membutuhkan banyak tenaga medis sebagai pejuang garda depan.

Terkait hal itu, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (IKA FK Unair), Poedjo Hartono menghimbau agar seluruh alumni FK Unair untuk bahu membahu menghadapi bencana ini.

“Iya, kami berupaya agar semua alumni mau bergerak mengambil peran dalam menanggulangi Covid 19,” ujar Dr Poedjo kepada¬†beritajatim.com, Sabtu (21/3/2020).

Peran yang bisa diambil para alumni adalah setidaknya membantu dalam langkah promotif preventif, yakni upaya pencegahan.

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (IKA FK Unair), Poedjo Hartono

“Saya rasa semua dokter alumni bisa melakukan ini. Kami berupaya agar bisa mendapat tempat untuk tayang di stasiun televisi dan radio dalam promotif preventif. Seperti iklan bagaimana caranya cuci tangan, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan, bagaimana cara menjaga kesehatan dan sebagainya,” terangnya.

Selain bisa berbagai dan mengambil insiatif pada lini promotif preventif, Dr Poedjo mengatakan bahwa alumni FK juga bisa mengambil insiatif untuk membantu tenaga sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Namun terkait hal tersebut, ia mengatakan bahwa relawan harus mendaftarkan diri nya terlebih ke koordinator IKA FK masing masing angkatan.

“Setelah didata di koordinator IKA FK, kami juga berkoordinasi dengan Dinkes, BNBP untuk penempatannya sesuai dengan kebutuhan. Ya agar lebih terkoordinasi, jangan kesana (RS) sendiri sendiri,” tukasnya. [adg/ted]¬†





Apa Reaksi Anda?

Komentar