Peristiwa

Ketua DPRD Jember: PWI Ibarat Berhasil Pecahkan Telur

Itqon Syauqi, Ketua DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur [FOTO: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Itqon Syauqi, Ketua DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, menilai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat berhasil memposisikan diri sebagai organisasi profesional dan idealis di tengah hiruk-pikuk politik yang cenderung kapitalistik.

“Ada ungkapan bahwa Anda tidak bisa menggoreng telur kalau tidak berani memecahkannya. Teman-teman PWI saya kira telah berhasil memecahkan mitos pers yang distigmakan negatif selama ini, menjadi sesuatu yang sangat positif bagi demokratisasi di Kabupaten Jember,” katanya, Jumat (12/2/2021).

Itqon memandang positif keberadaan PWI Jember. “Keberadaan PWI membuat media massa di Jember tidak seperti barang mati. Biasanya kan selama ini media distigma seolah-olah alat propaganda politik penguasa atau sebaliknya sebagai alat propaganda tandingan di tangan oposisi. Nah, keberadaan PWI membuat pers di Jember semakin berkualitas,” katanya.

Menurut Itqon, sajian-sajian informasi yang ditulis para wartawan anggota PWI Jember mencerdaskan publik. “Sajian-sajian informasi tersebut berefek langsung pada peningkatan kualitas komunikasi massa di forum publik. Di warung-warung kopi, emperan jalan, saya dengar masyarakat mendiskusikan banyak hal tentang Jember yang berangkat dari sajian informasi teman-teman PWI,” katanya.

Salah satu peran PWI Jember dalam mencerdaskan masyarakat adalah menggelar diskusi publik bersama Universitas Jember. Tema-tema yang diambil adalah persoalan-persoalan yang dihadapi di Jember. Diskusi yang selalu disiarkan langsung oleh stasiun televisi dan radio lokal itu saat ini terhenti karena pandemi.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim menambahkan, PWI sangat bisa menempatkan diri sebagai organisasi yang mengontrol pemerintahan. “Media massa menjadi pilar keempat di Jember,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar