Peristiwa

Ketua DPRD Gresik Blusukan ke Lokasi Banjir

Ketua DPRD Gresik H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) saat memberikan bantuan kepada warga di posko bencana banjir

Gresik (beritajatim.com) – Ketua DPRD Gresik H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) blusukan membantu korban yang terdampak banjir meluapnya Kali Lamong. Dengan membawa beberapa bantuan paket sembako serta makanan siap saji, Gus Yani turun sendiri membagikan bantuan di Desa Iker-Iker Geger, Kecamatan Cerme.

Gus Yani mengatakan, dirinya berempati kepada korban banjir di Desa Iker-Iker Geger karena kawasan tersebut terendam air setinggi 50 hingga 60 cm. Bahkan, menurut laporan, ada sebagian rumah warga terendam hingga 1,5 meter.
“Warga saat ini sangat membutuhkan makanan cepat saji. Pasalnya, mereka terjebak di rumah saat air meluap,” katanya, Kamis (9/01/2020).

Gus Yani menjelaskan, selain memberikan bantuan, dirinya juga melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi lain yang terdampak banjir. “Terpenting saat ini menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu korban banjir. Kita kedepankan sisi kemanusiaan. Kita juga akan memastikan penanganan rehabilitasi pasca banjir dilakukan dengan baik,” imbuhnya.

Gus Yani meminta seluruh pihak untuk menghentikan perdebatan terkait siapa yang salah dan harus bertanggung jawab atas terjadinya banjir.

“Banjir ini kan menjadi tanggungjawab kita bersama. Setelah penanganan pasca banjir selesai, saya selaku Ketua DPRD akan melakukan evaluasi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait termasuk dengan kepala desa serta BPBD,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Iker-Iker Geger Kristiono menuturkan, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warganya. Sebab, sekarang ini aktivitas warga terganggu karena adanya air banjir yang meluap.

“Sekarang ini desa kami sudah terendam banjir. Namun, petugas gabungan baik itu dari TNI, Polri serta BPBD Gresik sudah memprediksi adanya banjir dan mereka sudah standby di pintu masuk desa sambil mendirikan posko becana banjir,” paparnya.

Sri Widati (50) salah satu warga Desa Iker-Iker Geger mengatakan, dirinya sangat berterima kasih mendapat bantuan dari Ketua DPRD Gresik yang turun sendiri memberikan bantuan. “Saya berterima kasih ternyata Gus Yani masih peduli sama orang kecil seperti saya meski ada kesibukan sebagai ketua dewan,” tandasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar