Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Gempa Sulbar

Ketua DPR Minta Pemerintah Lakukan Upaya Tanggap Darurat

Petugas sedang melakukan pembersihan sisa bencana di Sulbar. [Foto/Basarnas]

Jakarta (beritajatim.com) – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan duka atas terjadinya gempa di Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dinihari. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu dilaporkan terjadi dekat Majene, namun dampak kerusakannya hingga Mamuju.

“Kami turut berduka cita atas bencana ini, semoga korban meninggal dunia diterima amal baiknya oleh Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” kata Puan.

Puan menyampaikan, pemerintah daerah harus melakukan operasi tanggap darurat dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait penanganan bencana tersebut. Koordinasi antar pemangku kepentingan sangat penting dilakukan karena gempa dilaporkan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah; dan Makassar, Sulawesi Selatan.

“Utamakan penyelamatan dan pencarian korban, serta menolong masyarakat yang terdampak serta kerahkan sumber daya Daerah dan Nasional guna penyelamatan korban ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

“Operasi tanggap darurat secara menyeluruh, penyelamatan para korban, penanganan terhadap kelompok rentan, pendirian RS lapangan, tempat pengungsian, dapur umum, serta mengantisipasi munculnya penyakit di tempat pengungsian,” sambungnya.

Lebih jauh, Puan mengingatkan agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengantisipasi bencana susulan.

Salam situasi pandemi ini, Puan tekankan agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat.

“Lakukan antisipasi dan perkuat upaya pencegahan penanggulanagan bencana di setiap daerah terutama di daerah yang berkategori risiko tinggi bencana agar dampak bencana dapat diminimalisasi demi melindungi masyarakat dan meminimalisasi kerugian dan kerusakan jika suatu hari bencana terjadi,” ungkap putri Taufik Kiemas tersebut. (hen/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar