Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Ketika Sawah Terkubur Abu Semeru, 8 Warga Masih di Sana, Hingga Kini Belum Ditemukan

Dampak Erupsi Gunung Semeru

Lumajang (betitajatim.com) – Delapan warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, belum ditemukan atau hilang. Informasi itu disampaikan Kepala Desa Supiturang, Nurul Yaqin, Rabu (8/12/2021) siang ini.

Ditemui beritajatim.com saat mengkoordinasi bantuan bagi warga terdampak erupsi Semeru, Nurul Yaqin menjelaskan, delapan orang itu saat erupsi terjadi berada di sekitar areal persawahan dan ladang.

“Areal persawahan itu sudah terkubur material letusan Semeru. Termasuk ada juga yang pas kejadian mereka sedang di tambang pasir,” ungkap Yaqin.

Kata dia, ada 6675 jiwa total warga Desa Supiturang. Desa Supiturang terdiri dari Dusun Curah Koboan, Sumbersari, Supiturang dan Dusun Gumukmas.

“Terdampak paling parah yakni di Dusun Curah Koboan dan Sumbersari. Posisi Curah Koboan ini ada di sisi jembatan Gladak Perak yang putus itu. Sehingga kami tidak bisa mengakses kesana,” tegasnya.

Untuk membantu dan melihat kondisi warga Supiturang di Dusun Curah Koboan, lanjut Yaqin, ia meminta bantuan Kades Sumbermujur dan Kades Penanggal yang lebih dekat.

“Ada 70 rumah warga kami di Curah Koboan hancur total. Tidak bisa ditempati lagi. Sementara rusak ringan di Curah Koboan ada 50 rumah, itu pun sudah tertutup abu vulkanik. Sehingga kami dibantu Kades Penanggal dan Sumbermujur yang ikut Kecamatan Candipuro, Lumajang,” papar Yaqin.

Untuk mengakses Dusun Curah Koboan dari Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, selama ini, warga biasanya menggunakan jalur Pronojiwo melintasi jembatan Gladak Perak yang putus akibat terjangan banjir lahar dingin.

“Kalau lewat bawah tidak bisa. Lava yang memenuhi jalan alternatif masih sangat panas dan itu berbahaya. Sementara jembatan utama Gladak Perak juga putus. Sehingga kita tidak bisa masuk ke Dusun Curah Koboan,” pungkas Yaqin. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan