Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kereta Api Barang Tabrak Truk di Sebelah Barat Terminal Lamongan

Tabrakan KA dengan truk di perlintasan berpalang pintu, sebelah barat terminal Lamongan, Rabu (9/3/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Sebuah truk tanpa muatan tertabrak kereta api (KA) di perlintasan berpalang pintu, tepatnya di perlintasan KA sebelah barat terminal Lamongan, pada Rabu (9/3/2022) pagi ini.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sejumlah orang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan truk dan KA tersebut masih terhenti di rel dengan kondisi mengalami kerusakan.

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian, kejadian ini bermula saat KA barang 2501 melintas dari arah timur menuju barat dengan kondisi palang pintu di perlintasan tertutup.

Setelah itu, palang pintu dibuka oleh penjaga palang pintu, namun selang beberapa menit palang pintu terbuka dengan bunyi sirine, lantaran ada KRD 396 melaju dari arah barat ke timur dengan masinis Muhammad Mualim dan asisten masinis Lustiono.

“Pada saat bersamaan, dari arah timur melaju truk boks dan dari arah barat melaju truk colt diesel,” ujar Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno kepada wartawan, Rabu (9/3/2022).

Menurut Aris, truk boks bernopol S 9829 NF itu dikemudikan Imam Subeki (42) warga Kecamatan Taman, Sidoarjo. Sedangkan truk colt diesel bernopol K 8438 Y dikemudikan oleh M Bachtiar Novendi dengan penumpang Rofiin.

“Tabrakan terjadi di perlintasan sebidang dengan palang pintu. Melibatkan KA dan truk. Akibatnya, sejumlah korban mengalami luka-luka, dan harus dibawa ke RS,” tuturnya.

Secara rinci, Aris menyebut, ada 3 orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke RS setempat. Sedangkan, hingga saat ini truk dan KA yang terlibat tabrakan masih terhenti di rel KA. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” sambungnya.

 

Masih kata Aris, tabrakan ini juga mengakibatkan kereta api harus terhenti, akibat lokomotif mengalami kerusakan yang cukup parah dan seorang masinisnya mengalami luka.

Tabrakan KA dengan truk di perlintasan berpalang pintu, sebelah barat terminal Lamongan, Rabu (9/3/2022).

Selain itu, imbas dari kejadian ini, jalur poros nasional setempat sempat mengalami kemacetan panjang. “Proses evakuasi masih berlangsung hingga saat ini,” tambahnya.

Sementara menurut Sugeng, salah seorang saksi mata di tempat kejadian mengatakan, 2 truk yang tertabrak KA ini masing-masing berada di bawah palang pintu, sedangkan 1 truk lainnya terseret KA KRD hingga sejauh kurang lebih 70 meter dari lokasi kejadian.

“Satu truk terseret kereta api sekitar 70 meter, satunya terhenti di bawah palang pintu,” tandas Sugeng.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar