Peristiwa

Keracunan Massal, Ini Yang Dilakukan Dinkes Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melakukan pengecekan sekaligus mengambil sampel makanan yang dikonsumsi warga keracunan usai berbuka puasa bersama di Masjid An-Annur Dukuh Tawing, Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan pada Selasa (27/4/2021).

“Kami mengambil sampel makanan berupa potongan ayam yang tersisa untuk mengirim ke laboratorium rujukan guna menindak lanjuti peristiwa keracunan tersebut,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dr Rohmat Hidayat kepada beritajatim.com, Kamis (29/4/2021).

Ia menjelaskan berdasarkan kunjungan tim Dinkes setempat ke lokasi tersebut, diketahui dari yang memasak, mulai dari bahan apa saja, proses pemasakannya bagaimana. Dinkes juga menanyakan jangka waktu dari mulai memasak sampai makanan itu disajikan.

“Informasi yang kami dapat bahan baku dalam batas normal semua, ayamnya ayam potong dan sayurnya yang digunakan juga dari tanaman sendiri,” jelasnya.

Berdasarkan gejalanya dan melihat jangka waktu konsumsi hingga timbul gejala. Ia menduga, keracunan massal tersebut disebabkan oleh bakteri atau virus, karena ada masa inkubasi jika penyebabnya adalah infeksi melalui bakteri atau virus.

“Jadi bakteri itu yang menyebabkan gejala, kalau gejala keracunan makanan biasanya cepat. Toksin bakteri atau virus tergantung uji sampel nanti bagaimana,” papar dokter Rohmat.

Pihaknya berharap agar korban keracunan massal tidak bertambah lagi. Karena berdasarkan informasi yang menerima makanan ada 167 porsi.

“Kalau yang memakan berapa kita kurang tau. Karena ada sebagian yang dibawa pulang dan ditempat juga. Semoga korban tidak bertambah lagi, apalagi sekarang korban sudah mencapai 60 orang,” ucapnya.

Kondisi saat ini, beberapa pasien korban keracunan sudah mulai membaik dan berangsur-angsur sudah bisa pulang dari Puskesmas Plaosan.

“Kalau yang dirawat hari ini sudah membaik. Keluhan nya hanya lemas karena banyak cairan keluar karena diare,” tutupnya.(asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar