Peristiwa

Keracunan Ikan Tongkol, Tempat Lelang Ikan di Jember Disidak

Jember (beritajatim.com) – Tempat pelelangan ikan di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur mendadak diinspeksi oleh tim gabungan, Kamis (2/1/2020), menyusul insiden keracunan massal yang dialami warga setelah mengonsumsi ikan tongkol.

Kantor TPI terletak di Dusun Mandaran II, Desa Puger Wetan. Tim gabungan yang melakukan sidak berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan, polisi, TNI, pemerintah kecamatan.

“Tim mengecek langsung terhadap penjual ikan serta melakukan imbauan terhadap pedagang terkait ikan yg layak untuk dijual di Area TPI Puger,” kata Kepala Kepolisian Sektor Puger Ajun Komisaris Ribut Budiyono.

Unit Pelayanan Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai Puger juga akan memasang imbauan terkait Ikan yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Jember Murtadlo mengatakan, pihaknya sudan mengantisipasi dan menyosialisasikan ke pedagang agar menjual ikan segar. “Masyarakat juga kami edukasi cara memilih ikan segar,” katanya.

Informasi yang diterima Murtadlo, harga tongkol saat malam tahun baru sangat murah Rp 6 ribu per kilogram. “Harga tongkol layaknya Rp 15-20 ribu per kilogram,” katanya. Ia khawatir ada tongkol tidak segar yang ikut dijual. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar