Peristiwa

Kepulan Asap dan Gemuruh di Kawah Wurung Sempat Bikin Warga Panik

Bondowoso (beritajatim.com) – Kepulan asap dan gemuruh dari sumur bor gas bumi, di Kawah Wurung, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (26/4/2020) pagi sempat membuat warga setempat panik.

Warga berlarian keluar rumah dan bergegas naik sepeda motor untuk menyelamatkan diri ke Pos 2 PT Perkebunan Nusantara Kebun Blawan, yang merupakan posko checkpoint Covid-19. Kejadian sekitar pukul 09.30 WIB. Sebuah video di media sosial menggambarkan kepanikan warga tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bondowoso Kukuh Triatmoko mengatakan, ada kesalahpahaman. Warga mengira ada kebocoran gas. “Padahal itu proses biasa,” katanya kepada┬áberitajatim.com┬ávia ponsel. Link kejadian.

Informasi yang diperoleh beritajatim.com, pemerintah setempat sudah berkoordinasi dengan PT Medco Energy yang mengelola gas bumi di sana. Dari sana diketahui jika kadar gas yang keluar tidak beracun. Asap muncul timbul karena suntikan air terus-menerus. Suara gemuruh terdengar karena sumur bor yang berukuran besar.

Pemerintah setempat sudah memberikan penjelasan kepada warga. “Mereka langsung kembali ke rumah masing-masing. Tidak ada apa-apa,” kata Kukuh. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar