Peristiwa

Kepala BNPB Letjend Doni Monardo Tinjau Rumah Terdampak Gempa di Malang

Malang (beritajatim.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meninjau langsung wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021) sore.

Kedatangan Doni di Kabupaten Malang disambut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, Bupati Malang, HM Sanusi, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Dandim 0818, Letkol Inf Yusub Dody Sandra dan pejabat lainnya.

Pada kunjungan di kantor Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, ada sejumlah arahan yang disampaikan jenderal bintang tiga.

“Kita semua harus selalu koordinasi, bukan hanya di Malang tapi di seluruh Indonesia. Dengan cara rapat rutin setiap bulan yang mungkin bisa dipimpin masing-masing kepala daerah dengan melibatkan BMKG yang sudah punya data, informasi dengan menggunakan teknologi. Informasi tersebut bisa dijadikan sebagai masukan bagi Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan diri,” kata Doni.

Pria kelahiran Cimahi Jawa Barat itu menuturkan, gempa bumi di Indonesia khususnya di wilayah Jawa bagian Selatan bakal terus terjadi. Hal ini karena adanya pertemuan lempeng Indo-australia.

“Hal ini tentu tidak bisa ditangani sendiri oleh Provinsi. Sehingga Pak Presiden menugaskan BNPB untuk memberikan bantuan,” terang Doni.

Doni pun memberikan masukan agar masyarakat terus diberikan edukasi terkait mitigasi bencana.

“Kalau melihat kerusakan yang terjadi, maka kami dari BNPB mengimbau masyarakat harus tahu dulu, rumahnya itu tahan gempa atau tidak. Kalau tidak tahan gempa, harus bisa menempatkan perabotan di tempat yang aman,” Doni mengakhiri. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar