Peristiwa

Keluarga Kru Pesawat Sriwijaya Air Asal Surabaya Serahkan Sampel DNA

Surabaya (beritajatim.com) – Keluarga ekstra kru pesawat Sriwijaya Air SJ 182 asal Surabaya Fadly Satrianto melakukan pengambilan sampel DNA untuk diserahkan ke DVI Mabes Polri. Itu dilakukan guna kebutuhan pencocokan DNA korban dalam insiden pesawat yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Usai pengambilan sampel DNA, pihak keluarga berharap agar korban segera ditemukan dan dapat teridentifikasi. Kakak korban, Juan Setiadi Jeniko menyatakan, adiknya mengikuti penerbangan Jakarta-Pontianak sebagai ekstra kru untuk kemudian melanjutkan menerbangkan pesawat lain sebagai Kopilot dari Pontianak.

“Jadi alhamdulillah sejak semalam kami diberi kemudahan informasi dari BNPB dan Basarnas. Sehingga ada kepastian nasib adik kami tadi pagi. Kami harus melakukan proses pengambilan tes DNA, termasuk pengambilan darah, rambut dan antemortem. Harapanya kedepan lebih cepat data ini sudah terangkum lengkap, sehingga ketika sudah ketemu adik saya diidentifikasi,” ujarnya, Minggu (10/1/2021).

Juan menambahkan, adiknya sudah empat tahun ini bekerja sebagai kru pesawat di maskapai Sriwijaya Air. Fadly Satrianto dikenal sebagai sosok yang periang dan ramah serta paling dekat dengan sang ibu. Sebelum menjadi kru di Sriwijaya Air, Fadly sempat merintis karier dengan belajar di perusahaan Boeing pada tahun 2016-2017.

Sementara sampel DNA sendiri diambil dari ibu kandung korban yakni Ninik Andayani yang datang ke Rumah Sakit Bhayangkara ditemani keluarga. Sampel DNA tersebut oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur akan dikirim langsung ke DVI Mabes Polri sebagai bahan pencocokan jika korban sudah ditemukan dan dievakuasi oleh Tim SAR.

“Sebelumnya kami keluarga besar Polda Jatim menyampaikan belasungkawa atas tragedi Sriwijaya SJ 182. Benar hari ini dilakukan pengambilan DNA oleh ibu korban dan nanti hasilnya oleh tim DVI di geser ke laboratorium DVI Dokkes Polri di Kramat Jati. Pos pengumpulan antemortem baru satu korban,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Pihak keluarga korban juga berterimakasih kepada petugas terkait yang telah melakukan pencarian dan mengabadIkan update informasi kepada pihak keluarga. [uci/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar