Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kekeringan di Tuban Meluas, Polres Tuban Distribusikan Air Bersih

Kapolres Tuban, AKBP Darman saat ikut langsung distribusi air bersih ke rumah-rumah warga yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Polres Tuban melakukan kegiatan Bakti Sosial dengan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih akibat terjadinya musim kemarau panjang tahun ini, Sabtu (16/10/2021).

Pengiriman air bersih kali ini lakukan oleh Polres Tuban langsung ke rumah-rumah warga yang ada di Dusun Bogor, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Pasalnya ribuan warga di dusun tersebut sejak sekitar satu bulan terakhir sangat sulit untuk mendapatkan air karena saluran Hippam yang tidak bisa mencukupi kebutuhan warga.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan Bhakti Sosial pendistribusian air bersih itu dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Darman bersama dengan para pejabat Polres Tuban. Sebelum menyalurkan air bersih, Kapolres Tuban memberikan bantuan paket sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan.

“Hari ini kita melaksanakan bhakti sosial pembagian sembako dan air bersih di Dusun Bogor, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding yang posisinya berada di ketinggian. Yang mana setiap tahun musim kemarau pasti mengalami kelangkaan air bersih karena sumber airnya yang terbatas,” terang AKBP Darman, Kapolres Tuban saat berada di lokasi distribusi air bersih itu.

Setelah pembagian sembako untuk warga yang kurang mampu, Kapolres Tuban bersama dengan pihak Muspika Semanding langsung memberangkatkan secara simbolis air bersih yang akan dibagikan ke warga. Di titik Dusun Bogor, Desa Bektiharjo tersebut, pihak Polres Tuban yang bekerjasama dengan berbagai pihak itu membawa sebanyak 8 truk tangki air bersih.

Kapolres Tuban menjelaskan, bahwa sampai dengan sejauh ini kondisi kekeringan di Kabupaten Tuban itu sudah terjadi beberapa desa yang tersebar di tiga kecamatan. Berdasarkan data dari BPBD Tuban tiga kecamatan yang sudah mengalami kekeringan pada musim kemarau kali ini adalah wilayah Kecamatan Semanding, Kecamatan Grabagan dan Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

“Menurut dari catatan BPBD Tuban kekeringan ini sudah meluas di tiga kecamatan, salah satunya Kecamatan Semanding. Makanya hari ini kita bagikan air bersih langsung dari rumah ke rumah,” sambungnya.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku senang dengan adanya bantuan air bersih gratis dari pihak Polres Tuban itu. Selama ini, warga di Dusun Bogor, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban sudah menggunakan Hippam. Tetapi sejak sekitar satu bulan lebih aliran air tersebut tidak sampai ke rumah mereka yang berada di ketinggian. “Biasanya keluar sampai sini airnya, tapi ini ya sudah sekitar satu bulan lebih tidak keluar, tidak sampai sini. Kalau tidak ada keluar ya kita beli air tangki,” ujar Siti Mudzolifah, salah satu warga setempat.[mut/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar