Peristiwa

Kekeringan di Lamongan Tak Separah Tahun Lalu

Ketua BPBD Lamongan, Muslimin, saat diwawancarai.

Lamongan (beritajatim.com) – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, musim kemarau tahun ini tak membuat sejumlah desa di Kabupaten Lamongan mengalami kekeringan. Hal tersebut terlihat dari permintaan dropping air bersih saat ini yang tampak berkurang jika dibandingkan sebelumnya.

Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muslimin mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada di BPBD Lamongan saat ini, diketahui jika kemarau tahun ini tidak sampai menyebabkan kekeringan yang serius di Lamongan.

“Permintaan dropping air bersih saat ini jauh berkurang jika dibandingkan dengan musim lalu. Kemarau tahun ini juga tidak berimbas, karena kemaraunya masih kemarau basah,” ungkap Muslimin saat dikonfirmasi, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Muslimin juga menuturkan, bahwa rendahnya permintaan dropping air bersih pada musim ini dikarenakan masih tersedianya stok air bersih di sejumlah wilayah di Lamongan. Siklus kekeringan musim ini, imbuh Muslimin, berbeda dari tahun lalu, sehingga tampungan air di sejumlah wilayah pun masih mencukupi.

“Musim kemarau tahun ini belum ada laporan kekeringan yang cukup ekstrem, data terakhir yang mengajukan droping air bersih hanya satu desa di Kecamatan Kembangbahu. Tahun sebelumnya dropping air bersih disalurkan setidaknya kepada 30 desa di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lamongan,” terangnya.

Lebih jauh Muslimin menyampaikan, saat ini terjadinya kekeringan lebih minim, hal itu diprediksi karena sekarang telah memasuki pergantian ke musim penghujan. Dalam beberapa hari terakhir, lanjut Muslimin, mendung sudah tampak menyelimuti kawasan Lamongan, bahkan terdapat beberapa wilayah yang sudah diguyur hujan.

Dalam keterangannya, Muslimin juga menyebutkan, bahwa sesuai prediksi yang diserap dari BMKG, musim penghujan tahun ini akan segera mulai pada akhir bulan September ini.

“Musim kemarau diperkirakan hanya terjadi sampai akhir bulan ini, tampak dalam beberapa hari terakhir ini cuaca hujan sudah terjadi di beberapa wilayah. Sehingga kali ini sudah tak bisa dikatakan kemarau lagi,” pungkasnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar