Peristiwa

Kejari Kabupaten Mojokerto Turun Selidiki PTSL Desa Watesumpak

Aksi warga Desa Watesumpak di depan kantor Kejari Kabupaten Mojokerto, Jumat (8/11/2019) pekan lalu. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Meski pihak panitia Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto mengaku telah mengantongi data terkait biaya hasil kesepakatan warga, namun Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto tetap akan turun.

Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Mojokerto, Nugraha Wisnu P, menegaskan, pihaknya segera turun untuk mengklarifikasi laporan warga Desa Watesumpak tersebut. “Karena setiap laporan warga akan tetap ditindaklanjuti dengan proses hukum yang berlaku,” ungkapnya, Senin (11/11/2019).

Masih kata Kasi Intelijen, besaran biaya dalam program PTSL tersebut sudah melalui kesepakatan warga maka akan tetap dilihat sejauh mana proses itu berjalan. Misal, lanjut Kasi Intelijen, jika ada kesepakatan terkait besaran biaya maka dilihat besaran biaya tersebut wajar apa tidak.

“Semisal, ada kesepakatan. Nah, apakah (besaran biayanya, red) itu wajar? Selain itu, jika dilakukan panitia, maka jauh dari unsur korupsi. Berbeda jika yang melakukan adalah perangkat. Di situ pasti ada tekanan-tekanan. Tetapi, kita akan turun dulu dan melihat sejauh mana proses PTSL di Watesumpak tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya, puluhan warga Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Hukum mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto, Jumat (8/11/2019). Mereka meminta Kejari Kabupaten Mojokerto segera menindaklanjuti laporan terkait dugaan kasus pungli Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program pembuatan sertifikat gratis yang dicanangkan Presiden Joko Widodo tahun 2019 di desa mereka dinilai tidak transparan. Warga diminta menyerahkan biaya administrasi untuk pendaftaran PTLS oleh panitia dan oknum perangkat desa rata-rata Rp366 ribu. Bahkan warga tidak diberikan kuitansi bukti pembayaran. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar