Peristiwa

Petugas Gunakan Foam

Kebakaran Toko Bahan Sepatu Padam 4 Jam

Mojokerto (beritajatim.com) – Kebakaran toko bahan sepatu Sumber Baru di Jalan Majapahit Selatan nomor 464, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto baru bisa dipadamkan empat jam. Bahkan petugas Pemadam Kebakaran (PMK) menggunakan foam (busa) untuk memadamkan api.

Plt Kepala PMK Kota Mojokerto, Mansyur mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.47 WIB dan baru padam sekira pukul 23.00 WIB. “Api baru bisa padam setelah 4 jam berselang. Ada banyak anggota dari berbagai unsur yang ikut melakukan pemadaman dan pengamanan,” ungkapnya, Senin (7/1/2019).

Masih kata Mansyur, sementara armada mobil PMK yang diterjunkan berjumlah 13 unit. Banyaknya mobil PMK dan lamanya proses pemadaman, karena diakui petugas mengalami kesulitan. Pasalnya di dalam toko banyak terdapat bahan yang mudah terbakar, seperti plastik, karet dan lem.

“Karena ketiga barang tersebut api sulit dipadamkan dan terus membesar. Kami akhirnya menggunakan foam (busa, red) sebanyak 50 liter untuk memadamkan api. Kita juga terpaksa membuka pintu teralis toko menggunakan mobil derek karena pintu sulit dibuka secara manual karena panas,” katanya.

Menurutnya, jika rolling door tidak dibuka dalam melakukan proses pemadaman maka petugas akan kesulitan menemukan titik apinya. Setelah dibuka titik api ditemukan di meja kasir, meja kasir terletak di toko bagian tengah kemudian membesar dan merambat ke toko sebelah kanan dan kiri.

Pasca proses pemadaman yang dilakukan petugas PMK hingga empat jam tersebut, pihak kepolisian dalam hal ini Polres Mojokerto Kota memberikan garis polisi di sekitar lokasi kebakaran. Sementara warga yang melintas di Jalan Majapahit Selatan terlihat berhenti untuk melihat bekas kejadian. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar