Peristiwa

Kebakaran Lahan Hutan Gunung Panderman Seluas 60 Hektare

Malang (beritajatim.com) – Kebakaran lahan hutan di Gunung Panderman, Kota Batu belum bisa dipadamkan hingga Senin (22/7/2019) petang. Tim Gabungan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Panderman mengungkapkan lahan hutan yang terbakar seluas 60 hektare.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, kebakaran meluas karena api di dua titik belum bisa dipadamkan. Hingga Senin petang laporan tim di lapangan lahan hutan yang terbakar seluas 60 hektare.

“Kurang lebih sampai sore ini sudah mencapai 60 hektare lahan hutan yang terbakar di Gunung Panderman. Pergerakan tim di lapangan terhambat karena medan yang curam,” kata Rochim.

Rochim menyebut, kendala yang dialami tim gabungan karena medan titik api berada di kemiringan 60 derajat. Selain susah dijangkau, titik api membahayakan nyawa tim gabungan bila nekat dengan peralatan seadaanya.

“Kesulitan memang lebih kepada faktor medan yang sulit dijangkau. Sehingga pergerakan tim lebih lambat dan ketika sudah nyampe lokasi karena memang lereng jadi tidak bisa maksimal untuk pemadaman karena keselamatan tim sendiri,” papar Rochim.

Sementara itu, pada hari ini proses pemadaman berakhir pada pukul 16.00 WIB. Saat ini seluruh tim gabungan hanya melakukan pemantauan dari Pos Jalibar. Beberapa personel dan petugas berada di Pos Pantau Gunung Panderman untuk bersiaga.

“Hari ini semua personel baru saja ditarik untuk turun istirahat. Besok operasi lagi dimulai pukul 07.00 WIB,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar