Peristiwa

Kebakaran Kantor Dishub Tuban, Api Diduga dari Pengerjaan Proyek

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah pegawai dan juga warga yang sedang di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban sempat dibuat geger. Hal itu menyusul adanya kebakaran yang terjadi pada sebagian bangunan di kantor yang berada di JlTeuku Umar tersebut, Jumat (23/10/2020).

Beruntung kebakaran itu berhasil dipadamkan sebelum api menjalar pada bagunan lain dan lebih besar. Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai juataan rupiah dan kabel jaringan akses CCTV terputus.

Informasi menyebutkan, kebakaran itu berawal dari adanya sejumlah pekerja yang sedang merehab kantor tersebut. Para pekerja itu menggarap bagian atap kantor dengan melakukan pengelasan. Tentu saja, muncul percikan api saat para pekerja melakukan aktivitasnya.

“Kronologinya tukang yang melaksanakan pekerjaan las listrik tanpa sengaja menyentuh galvalum. Sehingga menimbulkan percikan api,” terang Gunadi, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban saat dikonfirmasi terkait kebakaran itu.

Api yang diakibatkan dari percikan pengelasan itu kemudian membakar bagian atap peredam panas yang juga baru dipasang. Ketika mengetahui ada api yang membakar, pegawai langsung melakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan atau Apar.

“Untuk mematikan api, kami terpaksa merusak plafon yang baru dipasang juga. Yang terbakar adalah pojok teras dan tidak sampai ruang dalam,” tambahnya.

Meski api berhasil dipadamkan, namun pihak Dishub langsung melaporkan kebakaran itu kepada petugas PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Pasalnya dikhawatirkan sisa api yang membakar atap itu menyala kembali.

“Akibat kejadian ini terjadi kerusakan plafon dan peredam panas atap bagian teras ukuran 3 x 10 m serta kabel dan instrumen CCTV Dishub. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 10,5 rupiah,” pungkasnya. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar