Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kebakaran Hutan Jati di Jalur Pantura Tuban, Asap Sampai ke Jalan

Petugas Kepolisian bersama Perhutani saat berusaha memadamkan kebakaran di kawasan hutan Pakah, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Tuban.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]

Tuban (beritajatim.com) – Kebakaran hebat dan mengakibatkan asap tebal mengepul terjadi di kawasan hutan jati yang berada di pinggir jalur Pantura Tuban yakni di RPH Pakah, BKPH Plumpang, KPH Tuban, tepatnya Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (26/9/2022) siang.

Kebakaran lahan hutan jati yang berada di pinggir jalan nasional tersebut membuat asap hingga sampai ke jalan raya. Pasalnya kondisi lahan yang terbakar itu berdekatan dengan jalan. Api kemudiam menjalar ke tengah hutan jati tersebut.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, kebakaran tersebut sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu titik api membakar semak-semak dan juga tanaman kecil serta daun-daun yang kering. Lokasinya tak jauh dari jalan raya. Karena hembusan angin, api dengan cepat menjalar.


“Saya lewat itu kebakarannya sudah cukup besar, tidak terlalu jauh dari jalan. Asapnya juga sudah terlihat sampai jalan,” ujar Wibowo (34), salah satu pengendara asal Kecamatan Palang, Tuban yang melintas di jalan nasional itu.

Kebakaran yang terjadi di kawasan Hutan Pakah tersebut dengan cepat meluas hingga ke tengah hutan. Selain itu juga menjalar ke sisi bagian selatan lahan hutan jati. Api dengan cepat menjalar karena pada saat terjadinya kebakaran itu kondisi angin di kawasan hutan tersebut cukup kencang serta banyaknya dedauan kering yang ada di bawah pohon.

Kondisi kebakaran hutan Jati di pinggir jalur Pantura Tuban Desa Gesing, Kec Semanding, Tuban.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]
“Apinya dari utara. Tiba-tiba sampai sini sudah besar,” ujar salah satu warga yang ada di sekitar lokasi hutan tersebut.

Mengetahui kebakaran yang semakin membesar dan meluas, petugas dari Perhutani KPH Tuban meminta bantuan petugas Damkar Tuban untuk memadamkan api di lokasi. Selain itu, petugas dari Polsek Semanding yang mendapatkan laporan juga datang ke lokasi untuk ikut memadamkan api supaya tidak sampai mendekati jalan raya.

“Kita dapat laporan langsung ke lokasi untuk ikut memadamkan api. Karena api sangat besar dan sudah dekat dengan jalan raya. Jangan sampai asapnya mengganggu pengguna jalan,” terang AKP Carito, Kapolsek Semanding.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, luas hutan dan lahan yang mengalami kebakaran di kawasan petak 80c1 KPH Tuban, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, mencapai sekitar 3 hektar. Petugas kepolisian menduga kebakaran hutan tersebut diduga akibat warga yang membuang putung rokok sembarangan di lokasi hutan.

“Untuk penyebabnya banyak kemungkinan, bisa saja ada orang yang membuang putung rokok sembarang tempat, karena ini musim kemarau banyak duan-daun kering. Sehingga bisa mengakibatkan kebakaran,” pungkasnya. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar